nusabali

Warga Penuhi Kantor Samsat

  • www.nusabali.com-warga-penuhi-kantor-samsat

Karena pekan depan ada liburan seminggu karena perayaan Lebaran.

GIANYAR, NusaBali
Warga selaku wajib pajak sejak beberapa hari lalu memenuhi ruang tunggu Kantor Samsat Gianyar, di Jalan Raya Kelurahan Samplangan, Gianyar, Jumat (1/7). Mereka antri menunggu giliran untuk membayar pajak. Keramaian ini, antara lain, dipicu oleh persiapan warga menghadapi libur sepekan nanti karena Hari Raya Idul Fitri.
 
Tidak hanya di Kantor Samsat, ruang tunggu pembuatan maupun perpanjangan SIM di Kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas), juga ramai. Ditemui di kantornya, Jumat (1/7), Kasat Lantas Polres Gianyar AKP Pius Febry X Aceng Loda mengungkapkan saat ini masyarakat ramai-ramai membayar pajak. Karena pekan depan ada liburan seminggu karena perayaan Lebaran. Selain itu, adanya Peraturan Gubernur Bali Nomor 35 Tahun 2016 tentang Pengurangan atau Penghapusan Sanksi Administrasi Berupa Bunga, Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Peraturan ini menjadi kesempatan emas bagi masyarakat yang sudah lama tidak membayar pajak kendaraan. ‘’Wajib pajak bisa manfaatkan pemutihan denda pajak tersebut. Ya… bisa meringankan," ungkap AKP Pius.

Kata dia, wajib pajak kendaraan sal luar Bali dan tinggal di Gianyar, ramai-ramai bayar pajak kendaraan karena akan melakukan perjalanan mudik. Sementara itu, untuk pembuatan surat izin mengemudi (SIM) maupun perpajangan rata-rata 100 - 140 per hari. 

Terlebih saat ini menjelang tahun ajaran baru, banyak siswa yang sudah cukup umur mencari SIM. Selain itu, peningkatan pencari SIM juga karena kegiatan cipta kondisi atau razia secara rutin. Tujuannya, menertibkan masyarakat agar selalu melengkapi surat-surat saat berkendaraan. 

Kepala UPT Dinas Pendapatan Provinsi Bali di Gianyar, Putu Sudiana SSos menjelaskan, jumlah kendaraan roda dua maupun roda empat di Gianyar per Juni 2016 mencapai 377.083 unit. Dari jumlah itu terdapat di Kecamatan Blahbatuh ada 55.788 unit, Gianyar 75.157, Payangan 23.423, Sukawati 91.642, Tampaksiring 30.768, Tegallalang 28.781, Ubud 71.524. Data per 17 Juni 2016, ada 45.000 kendaraan tidak membayar pajak. 7 cr62

Komentar