nusabali

Pemilihan Duta Endek Denpasar Diikuti 146 Peserta

  • www.nusabali.com-pemilihan-duta-endek-denpasar-diikuti-146-peserta

Duta yang terpilih mempunyai tugas mempromosikan endek sebagai salah satu khasanah Bali yang layak diunggulkan di tingkat nasional maupun internasional.

DENPASAR, NusaBali.com
Ajang Pemilihan Duta Endek Depasar kembali digelar, dimulai dengan tes tertulis pada Sabtu (31/8/2019). Tes tulis yang merupakan tahap pertama dari keseluruhan rangkaian seleksi ini diikuti oleh total 146 peserta, dengan rincian 55 peserta di kategori putra dan 91 peserta kategori putri.  Tes tulis yang diadakan di gedung Graha Sewaka Dharma Denpasar ini memiliki tujuan untuk menguji wawasan para peserta mengenai apa yang mereka ketahui tentang endek dan event pageant ini sendiri. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menunjukkan kesiapan peserta dalam menjalankan tugasnya sebagai Duta Endek Denpasar kelak. 

“Untuk tes tulis ini akan menguji wawasan peserta mengenai event Duta Endek Denpasar secara umum, wawasan mengenai endek, dan juga internal Duta Endek. Misalnya, peserta harus tahu tujuan dari diadakannya pageant ini, lalu siapa yang menaungi, dan lain-lain,” ujar Devidson Imanuel Eman, Ketua Umum Pemilihan Duta Endek Denpasar 2019.

Ajang yang pada tahun ini bertemakan ‘Heritage is Our Responsibility’ ini memiliki tujuan untuk meningkatkan eksistensi endek di masyarakat, yang mana endek sebagai kain tradisional khas Bali ini perlu dilestarikan sebagai warisan budaya leluhur. Maka dari itu, kendati pun memiliki prinsip yang sama bagi para finalisnya untuk memiliki Brain, Beauty, dan Behavior, ajang ini pun tidak bisa disamakan dengan beauty pageant lainnya.

“Kalau pageant yang lain, seperti yang diadakan oleh kampus atau universitas mungkin masih lebih berfokus pada branding kampusnya, lalu pageant yang lain juga berfokus pada pariwisata. Nah, belum ada pageant yang memfokuskan untuk budaya. Di sini, kita berfokus untuk menjadikan endek sebagai ikon dari Bali untuk mancanegara,” papar pria yang juga merupakan runner up dari ajang pemilihan Duta Endek 2018 yang lalu ini. 


Para peserta seleksi tahap satu ini juga akan mengikuti seleksi tahap dua pada Minggu (1/9/2019) yang berupa tes wawancara dan tes berjalan di catwalk. Dari kedua seleksi ini, dipilih sebanyak 25 peserta putra dan 25 peserta putri yang akan melaju ke seleksi tahap tiga yang akan memilih 24 peserta putra dan putri yang akan ditetapkan sebagai finalis Duta Endek Denpasar. 

Meskipun menyandang gelar sebagai Duta Endek Kota Denpasar, namun tugas para duta terppilih ini nantinya tidak hanya terbatas di wilayah Denpasar saja, namun juga di seluruh Bali. Hal ini dikarenakan ajang Duta Endek memang hanya baru dilaksanakan di Kota Denpasar saja yang belum memasuki ranah tingkat provinsi sehingga belum ada event serupa di daerah lain. Adapun para duta ini nantinya akan terjun ke masyarakat Bali dengan sederet program kerja, di mana salah satunya, yaitu, mensosialisasikan penggunaan kain endek yang tidak hanya terbatas pada pakaian adat saja, namun juga bisa sebagai fashion casual hingga fashion kelas atas. *yl

Komentar