nusabali

UTI Lepas 151 Wisudawan, BAPPPEPAR Lepas 243 Lulusan

  • www.nusabali.com-uti-lepas-151-wisudawan-bapppepar-lepas-243-lulusan

Sebanyak 151 mahasiswa Universitas Teknologi Indonesia (UTI) menjalani prosesi wisuda pada Senin (26/8/2019).

MANGUPURA, NusaBali.com

Wisudawan dari lima fakultas itu pun diharapkan segera mengisi kebutuhan tenaga kerja di Indonesia.“Untuk program jangka pendek, kami ingin memberi pelayanan kepada masyarakat sesuai zaman.  Sedangkan untuk jangka panjang, apa yang kami lakukan saat ini merupakan kontribusi bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM),” kata Ketua Yayasan Cempaka Surya, Dr I Wayan Sukla Arnata SH MH, di sela-sela prosesi wisuda yang digelar di Mangupura Hall, The Westin Resort,  Nusa Dua.

Melalui lima fakultas yang ada, Sukla menyatakan tekad menghasilkan wisudawan yang bisa diandalkan. “Dengan SDM yang tangguh, maka pembangunan akan lebih maju lebih cepat, guna mewujudkan cita-cita kita semua, Indonesia sejahtera,” kata Sukla.

Lima fakultas yang melakukan wisuda, antara lain, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (6 wisudawan), Fakultas Ekonomi (79), Fakultas Hukum (30), Fakultas Komputer (22), dan Fakultas Sastra (14).  “Kami juga siap kembangkan Administrasi Perhotelan. Karena saat ini masih banyak orang asing yang menempati posisi itu. Oleh karena itu kami berkeinginan menyiapkan tenaga-tenaga di bidang administrasi perhotelan,” jelas Sukla.

Sementara itu Rektor UTI I Ketut Sena SH MH mengingatkan,  bahwa tantangan setelah wisuda lebih dinamis dan kompleks. “Setelah wisuda jangan berhenti belajar menyerap perkembangan yang pesat. Siapa yang tidak bisa mengadopsi perubahan, maka akan digilas atau paling tidak akan  ditinggalkan,” kata Sena.

Sedangkan Wakil Rektor Selvianti Joenoes  SH MH memberikan apresiasi kepada orangtua atas kepercayaan menitipkan anak-anaknya kepada  UTI hingga diwisuda. “Atas kepercayaan tersebut, kami tidak tinggal diam , dan akan terus meningkatkan diri sesuai tuntutan masyarakat dan IPTEK,” kata Selvianti.

Di hari yang sama, dilakukan juga prosesi pelepasan 243 mahasiswa Balai Pendidikan Pelatihan Perhotelan dan Pariwisata (BAPPPEPAR) Nusa Dua. Adapun lulusan yang dilepas antara lain D1 dan D2 dari Room Division, F&B Service dan F&B Product.  “Keinginan dan tekad kami sama, yakni, menghasilkan tenaga andal dan profesional,” kata Sukla yang menjadi Ketua Yayasan Pendidikan Gajah Wahana yang menaungi BAPPPEPAR.

Sementara itu Direktur BAPPPEPAR Dr  I Wayan Dayung SH MSi, pun menyatakan bahwa lulusan lembaga yang dipimpinnya bisa segera mengisi sektor jasa pariwisata di Bali.  “Kami sudah menyiapkan tenaga yang kompeten di bidang pariwisata yang menjadi tulang punggung perekonomian Bali,” kata Wayan Dayung. *mao

Komentar