nusabali

Patung Raden Soekemi Diganti Logam

  • www.nusabali.com-patung-raden-soekemi-diganti-logam

Patung Raden Soekemi Sosrodiharjo yang berada di Jalan Veteran Singaraja, tepatnya depan SD 1 dan 2 Paket Agung, kini diperbarui dengan patung berbahan logam.

SINGARAJA, NusaBali

Pembaruan itu dalam rangka penataan kawasan Soekarno Heritage. Sebelumnya telah terpasang patung Raden Soekemi Sosrodoharjo di depan SD 1 dan 2 Paket Agung. Hanya saja, patung dari ayah Presiden RI pertama, Ir Soekarno itu terbuat dari beton bertulang, setinggi 150 centimenter. Kini Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Buleleng memperbarui dengan patung berbahan logam.

Penempatan patung Raden Soekemi di depan SDN 1 dan 2 Paket Agung, karena Raden Soekemi memiliki ikatan sejarah terhadap sekolah tersebut. Sekitar tahun 1875 silam, sekolah tersebut telah berdiri dengan nama sekolah rakyat (SR). Di sekolah inilah ayah seorang Soekarno yakni Raden Soekemi Sosrodiharjo pernah mengajar. Hingga kemudian dia harus kembali ke Pulau Jawa bersama dengan keluarganya.

Kondisi SR yang kini telah bernama SDN 1 dan 2 Paket Agung masih sangat terjaga. Walaupun kondisi sekolah sudah mengalami banyak perubahan, namun bangunan ruang kelas, masih tetap sama dengan kontruksi bangunannya terdahulu.

Dari sepenggal petikan sejarah itu, Pemerintah Kabupaten Buleleng kemudian menetapkan SD 1 dan 2 Paket Agung menjadi bagian dari Kawasan Promosi Soekarno Heritage. Kini, untuk mempercantik kawasan tersebut, Dinas Perkimta Buleleng melakukan penataan ulang.

Sekretaris Dinas Perkimta Buleleng, Gede Melanderat, Kamis (22/8) menjelaskan, anggaran yang disiapkan dalam penataan tersebut sebesar Rp195.891.000. Dengan besaran dana tersebut, Dinas Perkimta kemudian melakukan penunjukkan kepada CV Ulangi Karya. Sesuai dengan kontrak, pekerjaan penataan Kawasan Promosi Soekarno Heritage tersebut digarap sejak 1 Agustus selama 90 hari. “Jadi karena nilainya kurang dari Rp200 juta, sistemnya penunjukan langsung. Dan ini yang kami lakukan penataan adalah untuk pembuatan taman, pagar, pedestal, dan patung Raden Soekemi,” jelasnya.

Menurut Melanderat, khusus untuk patung nantinya akan diganti dengan bentuk setengah badan berbahan logam dengan tinggi 1 meter. Pergantian patung memang harus dilakukan karena patung sebelumnya sudah mengalami pelapukan. “Jadi kami ingin menyajikan dan memberikan ruang yang artistik, karena lokasinya memang sempit dan berada di pinggir jalan. Sehingga perlu ditata ulang agar lebih asri dan indah, karena ini akan menjadi bagian dari Kawasan Soekarno Heritage,” katanya. *k19

Komentar