nusabali

Perpusnas Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Badung

  • www.nusabali.com-perpusnas-safari-gerakan-nasional-gemar-membaca-di-badung

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menggelar safari gerakan nasional gemar membaca di Kabupaten Badung, Rabu (21/8).

MANGUPURA, NusaBali

Kegiatan safari gerakan nasional gemar membaca diikuti perangkat daerah di Pemkab Badung, organisasi kewanitaan, tokoh adat, juga oleh pelajar.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Perpustakaan Nasional diwakili Kepala Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengelolaan Bahan Pustaka Drs Upriyadi, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali Luh Putu Haryani, anggota DPRD Badung I Made Sunarta dan I Wayan Regep, serta narasumber dari anggota DPR RI Putu Supadma Rudana.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini, kami berharap dapat mendorong masyarakat untuk mencintai budaya lokal, lebih dekat dengan buku. Menjadikan perpustakaan sebagai sahabat terbaik sekaligus sebagai pusat sumber belajar dan berkegiatan bagi masyarakat serta berujung pada meningkatnya kualitas SDM,” kata Upriyadi.

Bupati Badung dalam sambutannya yang disampaikan Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Ni Wayan Kristiani, mengatakan safari ini dapat mendorong Pemkab Badung untuk dapat meningkatkan indeks literasi masyarakat dengan cara pembudayaan gemar membaca. Salah satu kewajiban pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam bidang perpustakaan adalah menggalakkan promosi gemar mambaca dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai media dalam pembelajaran. Kegemaran membaca dan belajar harus ditumbuhkan sejak dini, sehingga ke depan masyarakat gemar membaca menjadi budaya dan menjadi kebutuhan, dan dengan membaca dapat menunjukkan citra diri seseorang.

Sebagai wujud komitmen Pemkab Badung dalam membudayakan gemar membaca yakni dengan menyediakan sarana prasarana pendukung seperti wifi gratis di seluruh wilayah Badung dan telah memiliki perpustakaan digital ‘ibadung’. *asa

Komentar