nusabali

Banjar Bukit Jangkrik Sulit Jaringan Wifi

  • www.nusabali.com-banjar-bukit-jangkrik-sulit-jaringan-wifi

Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informasi) Gianyar  menanggapi keluhan warga atas kondisi wifi macet di Balai Banjar Bukit Jangkrik, Kelurahan Samplangan, Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Namun Banjar Bukit Jangkrik masuk dalam posisi PT3 yang artinya kondisi jaringan relatif sulit dijangkau.

Sekdis Kominfo Gianyar I Gede Daging, didampingi Kabid E Goverment Diskominfo Gianyar Wayan Manik Suhartanta, menjelaskan status titik pemasangan di kelurahan Samplangan Desa Pakraman Bukit Jangkrik adalah PT3atau jaringan relatif sulit dijangkau. "Dari Telkom ditargetkan akhir tahun ini selesai dipasang dan aktif untuk seluruh PT3, hal ini berdasarkan rapat teknis terakhir di Diskominfo Provinsi Bali beberapa waktu yang lalu," jelasnya, Senin (19/8).

Dikatakan, pemasangan jaringan internet hingga aktif, memiliki beberapa tahapan mulai dari pengecekan kesiapan jaringan, pemasangan hingga proses aktivasi internet di tempat yang bersangkutan.

“Intinya ini adalah kurang komunikasi saja, saya harap masyarakat bersabar. Keterlambatan warga mengakses internet gratis bukan karena kami lalai atau kurang sigap namun karena ada beberapa proses yang harus dikerjakan,” jelas Gede Daging.

Gede Daging juga berharap untuk selanjutnya pihaknya tetap berharap kerjasama yang sudah terjalin dengan baik dengan Telkom menjadi lebih baik, dan desa pakraman yang mendapat Wifi agar selalu berkoordinasi aktif dengan kami di Dinas Kominfo Kabupaten Gianyar.

Kabid E Government Manik Suhartanta menambahkan, pemasangan jaringan internet hingga aktif memiliki beberapa tahapan. Tahap awal setelah survey adalah pemasangan atau pengecekan kesiapan jaringan, setelah itu baru proses aktivasi internet di tempat yang bersangkutan. Untuk situasi di desa pakraman Bukit Jangkrik Kelurahan Samplangan, kata Manik Suhartanta yang baru terpasang adalah perangkat fisik jaringan. Selanjutnya Telkom akan melakukan aktivasi internet dan pemasangan alat wifi.id.

Ditambahkan, Pemprov Bali memasang wifi di 247 titik yakti desa adat, puskesmas, obyek wisata dan lainnya di Gianyar. Sedangkan Pemkab Gianyar hanya operatornya saja, karena ini program provinsi yang bekerjasama dengan Telkom. Pemasangat wifi, jelas Manik Suhartanta, juga ada katagorinya, mulai dari PT1, PT2, PT3 dan PT3C.  PT1 merupakan pemasangan jaringan wifi di desa adat sudah siap digunakan. PT2 masih memerlukan upaya lagi dalam menggunakannya, PT3 masih memerlukan infrastruktur seperti tiang maupun alat. Sedangkan PT3C tersebut mengalami kendala karena tidak adanya sinyal yang terjangkau.*nvi

Komentar