nusabali

Dua Putri Klungkung Terpilih Jadi Duta Hijau Bali 2019

  • www.nusabali.com-dua-putri-klungkung-terpilih-jadi-duta-hijau-bali-2019

Setelah melewati tahap seleksi dan karantina, dua wakil duta Kabupaten Klungkung yakni Ni Made Ayu Ratna Ginanti,16, dan Ida Ayu Nindya Brahmani Putri,21, terpilih sebagai Runner Up I dan Runner Up IV pada Malam Grand Final Pemilihan Duta Hijau Provinsi Bali Tahun 2019 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Minggu (18/8) malam.

SEMARAPURA, NusaBali

Acara ini dihadiri langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny Ayu Suwirta.  Hadir pula, Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa, Sekda Tabanan Kabupaten Tabanan I Gede Susila, dan undangan terkait lainnya. Terpilih sebagai Runner Up I, Ida Ayu Nindya Brahmani Putri dari Banjar Pande Kota, Kelurahan Semarapura Kangin, Klungkung, berpasangan dengan Tude Nugraha Mahantara,24, dari perwakilan Denpasar. Runner Up IV Ni Made Ayu Ratna Ginanti,16, dari Banjar Siku, Desa Kamasan, Klungkung, berpasangan dengan I Putu Ferry Wistika,17, wakil  dari Kabupaten Tabanan.

Terpilih sebagai Duta Hijau Bali 2019 yakni Maria Nindi Dewi wakil Kabupaten Badung. Dia berpasangan dengan I Gusti Putu Putra Mahardia wakil dari Kabupaten Badung.

Ketua Pemilihan Duta Hijau Provinsi Bali 2019, Dwi Sinar Maheni mengatakan, untuk menentukan sembilan finalis yang mewakili kabupaten/kota se- Bali telah dilakukan berbagai tahapan. Di antaranya, seleksi yang digelar pada 31 Mei 2019 diikuti 135 pasangan dari 9 kabupaten/kota se-Bali.

Dia menambahkan, tahap karantina sudah berlangsung 15 - 17 Agustus. Tahap ini diisi dengan pemberian materi, pelatihan publik speaking dan pertunjukan bakat dari para peserta. Ada pra karantina diisi dengan kegiatan panen raya di Jatiluwih, yakni pengenalan mengenai cara memanen padi dengan alat dan cara tradisional.

"Terpilihnya Duta Hijau Bali (DHB) ini bisa memberikan contoh yang baik bagi generasi muda yang lain. Agar generasi muda terus peduli dan berkontribusi positif terhadap lingkungan di Bali, serta mampu memberikan ide-ide kreatif dalam upaya pelestarian lingkungan," ujar Dwi Sinar Maheni.

Runner Up I  Ida Ayu Nindya Brahmani Putri mengaku bangga dan siap mengemban tugas sebaik-baiknya dan berharap bisa mengedukasi generasi muda yang lain untuk lebih peduli menjaga alam dan lingkungan Bali dan Kabupaten Klungkung pada khusunya.

"Kami harap generasi muda Bali agar lebih peka terhadap lingkungan dan isu-isu terkait di dalamnya. Ke depannya saya terus akan mengkampanyekan tentang kelestarian lingkungan," ujarnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berharap duta perwakilkan Klungkung yang terpilih sebagai Duta Hijau Bali memberikan dampak positif bagi Klungkung ke depannya. Selain itu, bisa memotivasi generasi muda untuk lebih menjaga alam dan lingkungannya khususnya di Klungkung. Di akhir acara, Bupati Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta berkesempatan menyerahkan hadiah berserta penghargaan kepada finalis terpilih.*wan

Komentar