nusabali

Perpustakaan Desa Mengwi Juara Harapan I Nasional

  • www.nusabali.com-perpustakaan-desa-mengwi-juara-harapan-i-nasional

Perpustakaan Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Badung, meraih juara harapan I nasional dalam Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Nasional tahun 2019.

MANGUPURA, NusaBali

Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Desa Mengwi dan Kabupaten Badung, sekaligus kado istimewa pada HUT ke–74 RI.

Penghargaan diserahkan Ketua Panitia Samsul Bahri, diterima oleh Perbekel Mengwi I Ketut Umbara di Jakarta, Jumat (16/8). Hadir pula Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando.

Ketut Umbara mengatakan keberhasilan Desa Mengwi tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama pembinaan langsung dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Badung.

Menurutnya, dalam mengikuti lomba, Desa Mengwi telah melakukan pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan. “Sebagai sumber informasi dan sumber belajar masyarakat, kami terus melakukan pengembangan. Buku-buku juga kami tambah,” kata Ketut Umbara, Senin (19/8).

Guna pemberdayaan Perpustakaan Desa Mengwi, pihaknya akan mengadakan kerjasama dengan sekolah-sekolah baik SD, SMP maupun SMA/SMK, juga masyarakat Mengwi. Dengan demikian, perpustakaan Desa Mengwi bisa bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sementara, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Badung Ni Wayan Kristiani mengucapkan selamat atas prestasi nasional yang diraih Desa Mengwi. Menurutnya lomba perpustakaan diadakan sebagai wujud terlaksananya empat pilar perpustakaan yaitu pustakawan, pemustaka, pustaka, dan gedung perpustakaan, untuk dikembangkan secara bersama. Dengan ini dia berharap semakin banyak masyarakat memanfaatkan perpustakaan untuk menambah ilmu, juga sebagai tempat rekreasi atau hiburan.

Sebelum meraih penghargaan tingkat nasional, Perpustakaan Desa Mengwi telah melalui beberapa tahap penilaian. Puncaknya berhasil masuk nominasi enam besar nasional dan kembali dievaluasi tim penilai dari pusat pada Senin (5/8) yang dilaksanakan di Gedung Kerta Gosa, Desa Mengwi. *asa

Komentar