nusabali

Perpustakaan Desa Mengwi Masuk Nominasi Nasional

  • www.nusabali.com-perpustakaan-desa-mengwi-masuk-nominasi-nasional

Perpustakaan Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Badung, dinilai oleh tim dari pusat dalam rangka lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional, Senin (5/8).

MANGUPURA, NusaBali

Penilaian ini dilakukan karena Perpustakaan Desa Mengwi masuk nominasi enam besar nasional. Tim Penilai Pusat diterima Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa. Turut hadir Tim Penilai Provinsi Bali I Wayan Tunjung dan I Gusti Ayu Komang Suryanti, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani, Sekretaris DPMD I Gusti Ngurah Ariawan, Camat Mengwi diwakili Sekcam Mengwi I Nyoman Suhartana, unsur Tripika Kecamatan Mengwi, dan Perbekel Mengwi I Ketut Umbara.

Wabup Suiasa menyampaikan, kehadiran tim penilai nasional ini akan semakin memotivasi dan menginspirasi segenap stakeholders pembangunan dan masyarakat Badung serta Bali pada umumnya.

“Fungsi perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, dan penelitian. Semua itu dapat diperoleh dari berbagai buku karya tulis ilmiah dan dapat pula diakses melalui berbagai media cetak maupun elektronik,” ujarnya.

Ketua Tim Penilai Perpustakaan Tingkat Nasional T Syamsul Bahri menyampaikan, penilaian dilakukan karena perpustakaan yang ada di Badung ini masuk kategori enam besar se–Indonesia. Menurutnya, minat baca masyarakat untuk datang ke perpustakaan dari tahun-tahun sebelumnya sedikit menurun. Namun, sekarang sudah lumayan peminat dari awalnya hanya 29 persen sampai 30 persen dan sekarang sudah mencapai 51 persen dari anak- anak hingga masyarakat umum. “Keberadaan perpustakaan sekarang harus kita ubah. Tidak hanya sebagai gudang ilmu tetapi dijadikan sebagai gudang berbagi ilmu untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak, karena kita yakin betul setiap orang yang datang ke perpustakaan pasti ada yang dibaca dan juga apa yang mereka baca pasti dapat dipahami,” jelasnya.

Perbekel Mengwi I Ketut Umbara, mengungkapkan dalam rangka meningkatkan dan mencerdaskan minat baca masyarakat, pihaknya menggenjot perpustakaan yang dikembangkan oleh pemerintah desa. “Pemerintah desa selalu mengadakan kerjasama dengan sekolah-sekolah baik SD, SMP, SMA/SMK, dan masyarakat Mengwi serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung. Tujuannya supaya masyarakat semakin gemar membaca,” katanya. *asa

Komentar