nusabali

Pengiriman Barang ke Nusa Penida Meningkat

  • www.nusabali.com-pengiriman-barang-ke-nusa-penida-meningkat

Sejumlah pelabuhan tradisional di wilayah Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, untuk pengangkutan barang mengalami peningkatan kapasitas.

SEMARAPURA, NusaBali

Selain karena pasca Hari Raya Galungan, hal ini juga disebabkan aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, terganggu. Sehingga untuk menyeberangkan bahan-bahan bangunan dan sembako dilakukan lewat pelabuhan tradisional.

Hal ini seperti terpantau di Pelabuhan Monggalan, Desa Kusamba, Selasa (30/7) pagi. Nampak material bangunan berupa pasir, semen mengantre sejak beberapa hari lalu.

Menurut seorang pengurus gudang di Pelabuhan Monggalan, I Wayan Nana, biasanya dalam sehari hanya mengirim sebuah jukung untuk mengangkut barang-barang ke Kecamatan Nusa Penida. Dengan kapasitas sebuah jukung maksimal 40 ton sejak, Minggu (28/7) lalu hingga mengangkut barang dengan 3 jukung dalam sehari. “Pagi ini (Selasa) kita sudah berangkatkan 2 jukung ke Nusa Penida,” ujar Wayan Nana.

Disebutkan peningkatan pengiriman barang ini pasca hari Raya Galungan, selain itu diperkirakan karena terjadi ganguan di Pelabuhan Padangbai. Sehingga supaya pasokan barang segera sampai ke Nusa Penida dikirim lewat pelabuhan tradisional salah satunya di wilayah Desa Kusamba. “Sebagian besar kami mengirim bahan bangunan dan sembako,” ujarnya. Masing-masing biaya pengiriman untuk semen Rp 3.500/sak, pasir per kubik 70 ribu dan sembako Rp 7.000/keranjang. *wan

loading...

Komentar