nusabali

BPBD Sasar Sekolah untuk Pelatihan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Alam

  • www.nusabali.com-bpbd-sasar-sekolah-untuk-pelatihan-kesiapsiagaan-hadapi-bencana-alam

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung belakangan ini aktif menggelar latihan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.

MANGUPURA, NusaBali

Yang disasar adalah sejumlah sekolah di wilayah Kuta Selatan. Harapannya, dengan adanya pelatihan itu, para pelajar memiliki dasar saat menghadapi situasi di lapangan ketika terjadi bencana seperti gempa bumi dan tsunami.

Plt Kepala BPBD Badung I Wayan Wirya, menerangkan pelatihan atau simulasi kebencanaan yang dilakukan selama ini memang menjadi program Pemprov Bali, kemudian diturunkan ke tingkat kabupaten/kota. “Program simulasi ini dilakukan setiap tanggal 26 tiap bulan. Yang disasar adalah sekolah, masyarakat maupun pihak hotel. Beberapa hari lalu, kami menyasar sekolah-sekolah yang ada di Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan,” tuturnya, Senin (29/7) sore.

Menurut Wirya, latihan mendasar yang diberikan kepada pelajar di Kuta Selatan ini lebih pada cara berlindung saat terjadi bencana. Bagi murid yang berada di dalam kelas/ruangan, haruslah menaati tiga langkah utama yakni jongkok, lindungi kepala menggunakan tangan atau bersembunyi di bawah meja dan berpegang tangan. Dengan demikian, bisa mengurangi risiko dari dampak gempa. Namun, yang paling utama dari poin tersebut adalah para siswa tidak boleh panik saat terjadi gempa.

“Kalau selama ini, bukan hanya pelajar saja yang panik saat menghadapi situasi itu, masyarakat juga. Padahal, kunci agar selamat dari ancaman saat gempa adalah kesiapan kita dan tidak boleh panik saat kejadian. Nah, hal-hal inilah yang kita berikan kepada siswa agar ke depannya menjadi pelajaran bagi mereka,” kata Wirya.

Dikatakannya, pelatihan di SMPN II Kuta Selatan dihadiri 100 orang utusan dari SDN I Ungasan, SDN III Ungasan, SDN IV Ungasan, SDN V Ungasan,  SDN VIII Ungasan, SDN XII Jimbaran, SDN I Kutuh, dan SMPN II Kuta Selatan. *

Komentar