nusabali

Bupati Suwirta Rancang Jalan Lingkar

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-rancang-jalan-lingkar

Seiring perkembangan pariwisata yang sangat pesat di Nusa Penida, ruas jalan tersebut menjadi kacau.

Urai Kemacetan di Pelabuhan Banjar Nyuh


SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau jalan yang manjadi jalur utama kendaraan di Pelabuhan Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida, kamis (25/7). Bupati menyampaikan masih merancang jalan lingkar untuk mengurai kemacetan di jalur itu.

Bupati didampingi Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra dan Perbekel Desa Ped I Ketut Karya. Jalan tersebut merupakan akses utama yang digunakan masyarakat sehari-hari.

Seiring perkembangan pariwisata yang sangat pesat di Nusa Penida, ruas jalan tersebut menjadi kacau. Karena mobil-mobil travel wisata jumlahnya makin hari makin banyak. Ditambah  lagi pemungutan retribusi bagi wisatawan yang  lumayan membutuhkan waktu. Dampaknya, arus kendaraan dan kemacetan parah pun tidak dapat terhindari.

Melihat langsung kemacetan tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berencana membuat jalan lingkar. Jalan lingkar tersebut akan menjadi solusi dari kemacetan yang terjadi. Untuk jalan lingkar tersebut, pihaknya akan mensurvei dahulu, tanah-tanah milik negara agar bisa dimanfaatkan sebagai alternatif jalan lingkar tersebut. “Jalan lingkar adalah solusi dari kemacetan di Pelabuhan Banjar Nyuh, dan untuk tanahnya akan dilihat tanah negara yang bisa digunakan sehingga tidak macet lagi,” ujar Suwirta.

Selain masalah kemacetan, Suwirta juga menyoroti warung-warung dan pasar di Pelabuhan Banjar Nyuh. Dia meminta aparat desa untuk memanfaatkan Bumdes untuk mengelola Pasar Banjar Nyuh. Bangunan-bangunan pasar yang tidak digunakan bisa dimanfaatkan sebagai warung maupun restoran agar seluruh pedagang menjadi satu tempat area. Selain makanan di pasar tersebut juga diminta untuk menjual kerajinan dan barang khas Nusa Penida sehingga menjadi sarana promosi untuk wisatawan. Dengan harapan wisatawan yang menunggu boat maupun yang menunggu jemputan agen travel bisa melihat-lihat dan berbelanja di pasar tersebut. *wan

Komentar