nusabali

4 Siswa Klungkung Lolos Final FL2N Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-4-siswa-klungkung-lolos-final-fl2n-tingkat-nasional

Empat siswa, masing-masing dua siswa SD dan dua siswa SMP di Kabupaten Klungkung mengikuti Final Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N) di Tangerang, Banten, Jawa Barat, 25 - 29 Juli 2019.

SEMARAPURA, NusaBali

Sebelum bertolak ke Tangerang, mereka berpamitan dengan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di ruang rapat bupati, Senin (22/7) pagi.  Mereka minta restu karena akan membawa nama baik Klungkung di pentas nasional. Empat siswa itu yakni Gede Ramana Suypa Gunawan, siswa kelas 6 SDN 1 Semarapura Kangin, mewakili FL2N dalam lomba Mendogeng. Putu Adi Pramana, kelas 5 SDN 1 Takmung, lomba Baca Puisi. Ni Made Neyra Sitaswari Weda siswa kelas 8 SMPN 1 Semarapura dan I Gusti Diah Witari siswa kelas 9 SMPN 2 Semarapura, lomba Cipta Cerpen.

Mereka didampingi Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Darmawan dan sejumlah guru pendamping.

Dalam lomba tersebut para peserta cukup menunjukkan bakatnya melalui video dan diunggah dalam laman Youtube dan dikirimkan ke Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dan diketahui kepala sekolah yang bersangkutan. Di antaranya, Gede Ramana Suypa Gunawan mengirimkan video dongeng Tujuh Putri. Tema ini disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan yakni Suka Cita Anak Indonesia Belajar Sepanjang Hayat.

Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Darmawan mengatakan video yang dikirimkan para siswa murni hasil pengambilan gambar tanpa melalui proses editing. Demikian halnya dengan lomba baca puisi yang diikuti Putu Adi Pramana, mengirimkan video sesuai lomba. "Pemerintah pusat yang memfasilitasi para siswa ini untuk berangkat bersama ke Jakarta, Kamis (25/4) nanti," ujarnya.

Menurut seorang pendamping siswa SMPN 2 Semarapura, Ni Kadek Citrawati, siswanya telah mengikuti perlombaan ini dua kali. Awalnya memang agak kesulitan untuk bisa mengikuti lomba karena minimnya informasi yang diterima. Seiring perjalanan waktu dan mencoba mengikuti, akhirnya bisa berbuah manis. Dia juga menyampaikan batas akhir pengiriman karya tersebut ditentukan pada akhir April 2019. Sedangkan hasil seleksi baru disampaikan kepada peserta pada awal Juni 2019.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengingatkan kepada empat siswa itu untuk benar-benar menunjukkan performa terbaik dalam lomba nanti. Bupati juga meminta agar peserta lomba bisa menjaga stamina dan mempersiapkan diri dengan baik. “Tetap semangat, kuatkan mental sebelum bertanding. Berkompetisi demi nama baik Kabupaten Klungkung. Tentunya anak-anak ini juga membawa nama Bali,” ujarnya. *wan

Komentar