nusabali

Semarapura Tengah DiKlarifikasi Lomba Kelurahan Se-Jawa dan Bali

  • www.nusabali.com-semarapura-tengah-diklarifikasi-lomba-kelurahan-se-jawa-dan-bali

Kelurahan Semarapura Tengah, Klungkung, berhasil meraih juara I Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Bali tahun 2019.

SEMARAPURA, NusaBali

Selanjutnya, kelurahan ini dinilai Tim Klarifikasi Lapangan Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Regional II Jawa-Bali. Penilaian dipusatkan di Pendopo Puri Agung Klungkung, Jumat (19/7) pagi. Rombongan Tim Klarifikasi Lapangan berjumlah sembilan orang, dipimpin Ratna Andriani. Merek disambut Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, mewakili Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Penyambutan tim ini didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta dan Lurah Semarapura Tengah I Wayan Iwan Indrawan, dan pihak terkait lainnya.

Ketua Tim Penilai Nasional Tingkat Regional II Jawa-Bali, Ratna Andriani mengatakan, tugas tim disini untuk mengklarifikasi dan mencocokan kesesuaian antara jawaban, instrument, penilaian dan data yang telah dikirimkan kepada tim evaluasi dengan data kondisi di lapangan. Penilaian lomba ini dilaksanakan dalam lima tahapan, meliputi penilaian administrasi, klarifikasi lapangan, pemaparan hasil klarifikasi, pemaparan calon juara lomba, dan penetapann juara regional.

"Kehadiran kami ke Kelurahan Semarapura Tengah menandakan Kelurahan Semarapura Tengah saat ini sudah lolos dan terpilih dalam 5 (lima) besar se-Regional II,” ujarnya.

Penilaian Kelurahan kali ini difokuskan pada penyelenggaraan pemerintahan kelurahan serta inovasi yang diimplementasikan dibidang pemerintahan, kewilayahan maupun kemasyarakatan.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dalam sambutannya dibacakan Sekda Winastra mengatakan, perlombaan kelurahan sebagai salah satu kegiatan pemerintah yang pada hakikatnya merupakan upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri. Sekaligus menilai dan mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan Kelurahan selama dua tahun terakhir. Melalui peningkatan kualitas dibidang penyelenggaraan pemerintahan serta upaya untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat betapa pentingnya pembangunan dan pemeliharaan hasil-hasilnya.

"Saya ucapkan selamat kepada Kelurahan Semarapura Tengah, telah melaksanakan beragam inovasi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat sehingga menjadi juara I Perlombaan Kelurahan tingkat provinsi dan selanjutnya telah mengikuti proses lebih lanjut serta sudah masuk 5 besar Tingkat Regional II Jawa-Bali," ujar Sekda Winastra.

Keberhasilan pelaksanaan pembangunan Kelurahan tidak terlepas dari pelaksanaaan tugas tugas pemerintahan Kelurahan, peran tokoh masyarakat dan lembaga kemasyarakatan. "Kepada Tim Klarifikasi Lapangan Penilaian Lomba ini kami harapkan untuk dapat memberikan pembinaan sekaligus penilaian secara obyektif dan transparan, serta menunjukkan dimana kekurangan yang perlu diperbaiki, sehingga kedepannya dapat disempurnakan," ujarnya. *wan

Komentar