nusabali

Makepung Gubernur Cup Kembali Digelar Tahun Ini

  • www.nusabali.com-makepung-gubernur-cup-kembali-digelar-tahun-ini

Event makepung Gubernur Cup yang sempat ditiadakan selama hampir 10 tahun, akan kembali digelar pada 2019 ini.

NEGARA, NusaBali

Rencananya, makepung Gubernur Cup yang secara perdana dibangkitkan oleh Gubernur Wayan Koster, ini akan digelar di Sirkuit Makepung Sie Sie di Lingkungan Samblong, Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, Minggu (14/7).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jembrana I Nengah Alit, mengatakan event makepung Gubernur Cup yang rutin diadakan setiap tahun sejak pemerintahan Gubernur Ida Bagus Oka, itu ditiadakan selama sepuluh tahun terakhir. Ditiadakannya event makepung Gubernur Cup itu membuat para sekaa makepung yang terbagi dalam dua kubu, yakni Ijo Gading Barat dan Ijo Gading Timur, merasa kehilangan salah satu event bergengsi.

Sebelumnya, kata Alit, para sekaa makepung sangat mengharapkan event makepung yang diprakarsai Pemprov Bali itu bisa kembali digelar untuk menjaga kelestarian makepung, yang menjadi salah satu budaya khas Jembrana dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia. Kebetulan, Gubernur Koster menaruh perhatian terhadap aspirasi sekaa makepung sehingga membangkitkan kembali event makepung Gubernur Cup mulai tahun ini. “Memang itu aspirasi sekaa makepung. Diselenggarakannya Gubernur Cup ini juga komitmen dan janji Pak Koster waktu kampanye Pilgub 2018 lalu,” ujar Nengah Alit, Selasa (9/7).

Secara teknis, event makepung Gubernur Cup, ini akan diselenggarakan langsung oleh pemprov di bawah leading sector Dinas Kebudayaan Bali. Sebelum menggelar event Makepung Gubernur Cup 2019 yang diagendakan pada Minggu (14/7) nanti, pihak Dinas Kebudayaan Bali juga berencana melaksanakan survey di Sirkuit Makepung Sie Sie, Rabu (10/7) hari ini. “Untuk teknis gambaran event makepung Gubernur Cup, itu lebih jelas di pemprov. Informasi yang kami terima, Rabu besok (hari ini), panita dari Dinas Kebudayaan Bali akan turun mengecek lokasi,” ucap Nengah Alit.

Menurut Nengah Alit, event makepung Gubernur Cup yang akan rutin diadakan Pemprov Bali ini direncanakan menjadi event pembuka makepung setiap tahun. Untuk Pemkab Jembrana juga menyelenggarakan dua event makepung, yakni Bupati Cup yang biasa digelar pada bulan Agustus serangkaian HUT Kota Negara, dan Jembrana Cup yang biasa digelar pada bulan September. “Ya rencananya, jadwal event makepung Gubernur Cup ini tetap menjadi pembuka. Nanti setelah Gubernur Cup, ada Bupati Cup, dan Jembrana Cup sebagai event penutup,” tutur Nengah Alit. *ode

Komentar