nusabali

'Kapal Laut' Kagetkan Warga Mas

  • www.nusabali.com-kapal-laut-kagetkan-warga-mas

Bangunan berwujud Kapal Laut mengagetkan warga Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Lokasinya persis di pinggir jalan raya Banjar Kawan, desa setempat. Bangunan ini akan dijadikan sekolah Kapal Pesiar. "Saat ini masih proses finishing. Akan dijadikan sekolah pelatihan kapal pesiar," jelas salah seorang pekerja, Anam di bangunan itu, Selasa (9/7).

Dia memaparkan pengerjaan ini sejak setahun lalu dengan membentuk kerangkanya menggunakan baja. "Kalau bentuknya menyerupai kapal laut karena bangunan ini akan dipakai pelatihan untuk tenaga yang siap dikirm ke kapal pesiar, bisa dikatakan kampus lah,"  ungkapnya.

Bangunan ini di pinggir Jalan Raya Mas – Lodtunduh, Ubud itu terdiri atas empat lantai. Masing-masing lantai berisi enam ruangan. Paling bawah untuk tempat parkir. Anam mengaku  tinggi bangunan tersebut mencapai 12 meter, lebarnya 12 meter dan panjangnya mencapai 52 meter.

"Kendala membangun, tidak ada. Karena memakai kerangka baja," ungkap pria asli Malang, Jawa Timur ini.

Pembangunannya pun dikatakan tidak menggunakan target waktu. "Kami bekerja ada sekitar 30 orang," jelasnya.  Perbekel Desa Mas I Wayan Gede Dharma Yuda mengaku pemilik bangunan itu berasal dari Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh. Bangunan ini ini akan digunakan sebagai kampus mencetak tenaga siap kirim ke kapal pesiar.

Kenapa di Desa Mas, Dharma Yudha mengatakan lokasinya sangat cocok bagi tamatan SMA/SMK yang berkeinginan melatih diri bekerja ke kapal pesiar di wilayah Bali Timur. Sehingga tidak lagi harus mencari kampus sampai ke Denpasar.

"Kalau nama pemiliknya saya lupa. Kebetulan tanahnya berstatus sewa," ungkapnya.  Dia menambahkan pengurusan izin telah dilakukan dua tahun lalu. "Saya berharap dengan adanya kampus itu masyarakat di Gianyar dan sekitarnya bisa memanfaatkannya. Khusus bagi yang ingin berlayar. Selain itu kami merasa sangat terbantu, karena lulusan SMK/SMA tidak jauh-jauh lagi untuk kuliah," imbuhnya.*nvi

Komentar