nusabali

Tabanan Luncurkan Program Desa Digital I Luh Mantul

  • www.nusabali.com-tabanan-luncurkan-program-desa-digital-i-luh-mantul

Pemkab Tabanan meluncurkan program desa digital bernama I Luh Mantul (Inovasi Luih Mantap Betul).

TABANAN, NusaBali

Program ini merupakan inisiasi dari Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, dalam rangka mengembangkan pemerintah yang berbasis digital atau Tabanan Smart City.

Pemkab Tabanan memulai langkah awal program desa digital di Desa Beraban, Kecamatan Kediri. Program ini langsung diresmikan oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti di depan Pasar Tradisional Tanah Lot, Kediri, dengan membunyikan sirine pada Minggu (30/6) sore.

Acara tersebut dihadiri Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dr Suprapedi MEng, anggota DPRD Tabanan, OPD Pemkab Tabanan, Camat, Perbekel serta tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Bupati Eka, untuk mewujudkan Tabanan Smart City harus mulai dari bawah, yakni membangun dan mewujudkan desa digital. Bupati Eka menyatakan telah mewujudkan hal tersebut melalui Program TCC (Tabanan Command Center).

“Kami juga sedang membuat aplikasi baru, yakni Tabanan dalam Genggaman. Dengan terwujudnya Tabanan dalam Genggaman tersebut diharapkan seluruh masyarakat Tabanan dapat mencari informasi-informasi terkait seluruh potensi yang ada di Pemkab Tabanan,” ungkapnya.

Bupati Eka menjelaskan, untuk memberikan pelayanan internet kepada masyarakat dengan tujuan untuk mempercepat arus informasi sampai ke pelosok, desa adat di Tabanan akan dipasang Wifi gratis mulai September 2019.

Inovasi Desa Digital di Desa Beraban merupakan langkah awal dan merupakan yang pertama di Kabupaten Tabanan. “Mudah-mudahan langkah ini dapat mendorong desa-desa lain di seluruh Kabupaten Tabanan untuk penerapan desa digital,” imbuh Bupati Eka.

Ketua Panitia Acara Putu Heri Susanta, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Eka dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal. Pihaknya berharap, dengan menyediakan www.iluhmantul.debest.co.id dan aplikasi mobile serta image informasi yang dapat didownload oleh warga secara gratis ini, dapat menjadi media bagi pembangunan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Beraban, serta bisa menjadi contoh bagi desa lainnya di Tabanan.

Aplikasi ini bisa didownload melalui Android. Bisa login dengan nomor kartu keluarga atau kartu tanda penduduk (KTP) dengan password 123456. Dan aplikasi ini dikatakannya sangat mempermudah perangkat desa dalam upaya memberikan informasi kepada masyarakat, baik itu informasi tentang keuangan desa, BPJS, BUMDes, dan lainnya.

“Aplikasi ini dapat mempermudah perangkat desa membuat laporan bulanan, serta memberikan informasi bagi masyarakat yang sudah dan belum terdaftar dalam BPJS kesehatan,” tandas Susanta.  *des

Komentar