nusabali

Puluhan Aparat Jaga Sertijab Penjabat Perbekel Kedisan

  • www.nusabali.com-puluhan-aparat-jaga-sertijab-penjabat-perbekel-kedisan

Perjuangan mantan penjabat Perbekel Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, I Gusti Ngurah Oka, agar dilantik sebagai perbekel difinitif, pupus di tengah jalan.

Akhirnya, I Gusti Ngurah Oka Nyerah

GIANYAR, NusaBali
Tokoh kharismatik asal Puri Kedisan, Tegallalang ini akhirnya legowo alias menerima jabatan perbekelnya dilengserkan, per Selasa (3/11).

Acara serah terima penjabat (sertijab) itu berlangsung di kantor desa setempat, Selasa kemarin, dipandu Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Gianyar I Ketut Suastika. 

Sementara itu, demi terjaminnya kelancaran dan ketertiban acara, puluhan polisi dan tentara dari Polsek dan Koramil Tegallalang berjaga-jaga di kantor desa setempat. Penjagaan ini belum termasuk satu peleton (20 personil) Dalmas Polres Gianyar stand by di Mapolsek Tegallalang. ‘’Kalau terjadi keributan pada acara ini, kami pasti turunkan Dalmas kesini (Kantor Desa Kedisan,Red,’’ tegas Kapolsek Tegallalang AKP I Gde Sudyatmaja. Acara sertijab penjabat ini berjalan tertib dan lancar.

Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata menunjuk PNS/ASN dari Desa Bukian, Payangan, Gianyar I Wayan Darmayasa,46, sebagai Penjabat Perbekel Kedisan. Karena masa jabatan Plt Perbekel I Gusti Ngurah Oka,63, berakhir Senin (2/11). Darmayasa akan menjabat setahun, sampai 3 Nopember 2016 dengan SK Bupati Gianyar No.997/ 01-B/HK/2015 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Perbekel Desa Kedisan.

Suastika saat menyerahkan SK itu didampingi Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Gianyar I Ketut Artawa, Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Gianyar I Made Suradnya dan jajaran tekait. Sertijab disaksikan Sekdes dan para kaur desa. ‘’Ppergantian dan penunjukkan penjabat ini sesuai UU No 06 Tahun 2014 tentang Desa,’’ jelas Suastika.

Acara serah terima SK tersebut berlangsung sederhana, singkat, tanpa ada pidato-pidato. Acara diakhiri dengan bersalam-salaman antara I Gusti Ngurah Oka dengan Penjabat Perbekel Darmaysa, para penjabat lain dan undangan. Namun Gusti Ngurah Oka terlihat menolak bersalaman dengan Camat Tegallalang Nyoman Darmawan.

Darmayasa yang sebelumnya Kasi Sarana/Prasarana Bidang Pendidikan Menengah SMA dan SMK Disdikpora Gianyar, tak menyangka dirinya ditunjuk Bupati Gianyar untuk menjadi penjabat perbekel ini. ‘’Saya dipanggil pada Saniscara (Jumat, Red) lalu agar menghadap Bupati. Saat saya ditunjuk jadi Plt perbekel ini, saya langsung sakit perut. Tapi, tugas ini harus saya laksanakan,’’ ujarnya.

Selanjutnya...

Komentar