nusabali

45 Warga Suana Ikuti Kejar Paket C

  • www.nusabali.com-45-warga-suana-ikuti-kejar-paket-c

45 warga Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, rata-rata sudah berumah tangga hingga berusia 59 tahun dan bercucu, sangat antusias mengikuti pendidikan kejar paket C.

SEMARAPURA, NusaBali

Karena mereka ini melanjutkan ke jenjang setara SMA/SMK.  Setelah setahun belajar, 45 siswa itu melaksanakan ulangan umum, selama 4 hari sejak 10-13 Juni 2019.

Proses belajar maupun ulangan umum dilaksanakan di SD 6 Desa Suana, Nusa Penida. Adapun motivasi 45 siswa tersebut yang sebagian besar petani rumput laut ini seiring pesatnya perkembangan pariwisata Nusa Penida. Setidaknya ketika bertemu turis ataupun berkecimpung di dunia pariwisata bisa berkomunikasi.

Bendesa Pakraman Semaya I Ketut Suarna selaku fasilitator penyelenggara kejar Paket C, menjelaskan antusias masyarakat yang mengikuti kejar paket C cukup tinggi. Indikasinya adalah dari jumlah peserta yang mencapai 45 orang dan tingkat kehadiran peserta. Masing-masing 40 orang dari Dusun Semaya dan 5 orang dari Dusun Karangsari, Desa Suana. “Mereka sudah setahun ajaran 2018/2019 mengikuti kejar Paket C, pembelaran dilakukan di SDN 6 Desa Suana setiap Jumat-Sabtu dari pukul 17.00 Wita-21.00 Wita,” ujarnya, Kamis (13/5).

Disebutkan, kejar paket C ini diselenggarakan oleh Pendidikan luar Sekolah ( PLS ) Kecamatan Nusa Penida bagi yang hanya tamat SMP dan ingin melanjutkan ke jenjang setara SMA. Guru para peserta Kejar Paket C berasal dari warga Desa Suana. “2 orang dari Dusun Karangsasi, 1 orang dari Celagi Landan dan 4 orang dari Dusun Semaya,” ujarnya.

Disebutkan, warga sangat antusias untuk mengikuti kejar paket C ini. Terbukti jumlah peserta yang mencapai 45 orang dan mereka juga rajin mengikuti pelajaran. Malah ada yang telah punya cucu pun ikut serta kejar Paket C. “Hanya buku panduan yang mereka kesulitan karena tidak diberikan selama ini sehingga tutor atau guru mencari referensi sendiri”, kata Ketut Suarna.

Salah seorang peserta Kejar Paket C, I Nyoman Tangkas mengaku senang mengkuti kejar Paket C. Karena itu jalan bagi dirinya bisa belajar setara SMA yang nantinya berguna ditengah perkembangan pariwisata di Nusa Penida. “Saya sangat senang ikut kejar Paket C. Ini kesempatan saya belajar setara SMA, apalagi sekarang Nusa Penida pariwisatanya maju tentunya kejar Paket C akan berguna di kemudian hari,” ujarnya.

Guru yang mengajar kejar paket C yakni I Gede Hendra Novayana SPd (Matematika), I Gede Arnawa Riana SPd (Bahasa Indonesua), Ni Putu Indra Purwaningsih SPd (PKN), Ni Made Mirayuni SPd (Ekonomi ), I Wayan Mindrawan, SPd (Sosiologi), I Komang Priatna SPd (Bahasa Inggris), I Putu Wahyu,SPd ( Geografi). *Wan

loading...

Komentar