nusabali

Sat Lantas Polresta Gelar Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas

  • www.nusabali.com-sat-lantas-polresta-gelar-kampanye-keselamatan-berlalu-lintas

Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Denpasar menggelar Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar, Minggu (12/5) pagi.

DENPASAR, NusaBali

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.30 Wita ini merupakan rangkaian kegiatan Operasi Keselamatan Agung 2019 yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dimeriahkan oleh masyarakat yang  sedang mengikuti Car Free Day. Dalam kegiatan yang diisi dengan senam bersama, Sat Lantas Polresta Denpasar menyampaikan tujuh prioritas keselamatan berlalulintas dari Korlantas Polri, seperti pemakaian helm standar, pemakaian sabuk pengaman, tak boleh berkendara jika masih di bawah umur, tidak ngebut, tidak menggunakan ponsel, mabuk, dan melawan arus.

Kasat Lantas Polresta Denpasar, AKP Adi Sulistiyo yang hadir memimpin langsung jalannya kegiatan ini mengatakan, pihaknya sengaja menggelar acara ini di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar, karena sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat umum. Dikatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara operasi keselamatan. Dalam kegiatan yang sifatnya hiburan ini, pihaknya menyelipkan kampanye keselamatan.

"Kami mengajak masyarakat untuk menaati tujuh prioritas keselamatan berlalulintas dari Korlantas Polri. Ini penting untuk terus kami gaungkan ke masyarakat guna meningkatkan kesadaran dalam berlalulintas," kata AKP Adi.

Dalam tujuh prioritas ini masalah yang paling menonjol adalah pada pengendara sepeda motor yakni tidak mengenakan helm. Kalau diklasifikasi berdasarkan usia, pelanggar yang paling banyak adalah kaum milenial atau anak-anak usia produktif.

"Dalam operasi keselamatan ini yang dikedepankan adalah upaya preventif. Para pengendara yang melanggar ditegur dan diberi pemahaman. Jika nanti tetap melanggar, dalam operasi selanjutnya maka akan ditilang," tuturnya.

Kampanye keselamatan ini juga merupakan cipta kondisi menyambut hari raya Idul Fitri. Biasanya pada saat mudik Idul Fitri terjadi kerawanan kecelakaan cukup tinggi. Dimana saat itu nanti mobilitas kendaraan sangat tinggi.

"Jadi melalui acara hari ini kami memberi penyuluhan kepada masyarakat. Kegiatannya adalah olah raga dengan diselipi pesan-pesan keselamatan berlalulintas. Kami membagikan kaos, gantungan kunci, helm gratis, dan juga ada kuis-kuis. Kuis ini ada hadianya, misalnya sepeda," tandasnya. *pol

Komentar