nusabali

TNI Dilatih Gunakan Rice Transplater

  • www.nusabali.com-tni-dilatih-gunakan-rice-transplater

Seratus personel TNI dari 10 Kodim Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) dilatih menggunakan rice transplater (mesin penanam padi) di Subak Timpag, Banjar Belodan, Desa Timpag, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Selasa (31/5).

TABANAN, NusaBali
Mereka dilatih mulai dari pembibitan, perawatan serta bekerja di sawah. Kepala Staf Kodim 1619/Tabanan, Mayor I Nyoman Salindra mengaku dapat bantuan Pemerintah Pusat berupa 5 unit rice tranplanter, 5 unit traktor, dan 10 unit pompa air. Mengingat geografis persawahan di Tabanan kebanyakan terasering, alat pertanian itu pun dinilai tak efektif. “Alat ini susah dipakai di lahan sempit dan berundak,” ungkap Mayor Salindra. Dia pun berjanji mempelajari alat pertanian modern itu. Bila terbukti efektif baru para petani dilatih menggunakan rice transplater.

Perbekel Desa Timpag, I Gusti Wayan Sukewahana berharap petani tertarik menggunakan rice transplater. Harapan lainnya, alat ini tak mubazir dan bisa digunakan di kawasan persawahan Desa Timpag. Sementara staf Kementerian Pertanian Republik Indonesia bagian sarana dan prasarana pertanian, Nuratna S Juliwatimengatakan, bantuan ini diberikan kepada petani untuk meningkatkan hasil produksi. Target produksi pada tahun 2016 mencapai 76,3 ton. 7 cr61

Komentar