nusabali

Siswa SMK PGRI Amlapura Juara Lomba Foto Nasional

  • www.nusabali.com-siswa-smk-pgri-amlapura-juara-lomba-foto-nasional

SMK PGRI memiliki program keahlian bidang multimedia.

AMLAPURA, NusaBali

Siswa kelas XI Multi Media SMK PGRI Amlapura, I Nengah Arta Dana, dinobatkan sebagai juara Lomba Foto Tingkat SMA/SMK Nasional 2019 di Jakarta. Arta Dana mengirimkan foto dengan tema mengarak ogoh-ogoh. Lomba foto ini serangkaian peringatakan Hari Pendidikan Nasional.

Lomba digelar di Jakarta pada tanggal 30 April dan 1 Mei 2019. Lomba foto tersebut juga disinkrunkan lomba artikel pendidikan. Sebenarnya di nomor lomba foto, bukanlah I Nengah Arta Dana saja dinobatkan  sebagai juara I. Juara I ada tiga, ia meraihnya bersama Muhammad Dondy Kurniawan dari SMAN 4 Magelang dengan tema indahnya melestarikan budaya, dan Taslim Khairullah dari SMKN 1 Harnai Tabalong dengan tema berangkat ke sekolah melewati hutan.

Juara II juga dimenangkan dari Bali, masing-masing Alexander Joshua Sihombing dari SMPK Santo Yoseph Denpasar dan Putu Widya Permata Dewi dari SMK Saraswati Denpasar. Nomor lomba foto kategori guru dimenangkan Mukti Ali Asyadzili dari MA Miftahul Ulum Pegayaman Buleleng. Nomor artikel atau opini umum dimenangkan Ahmadul Faqih Mahtadi dari Buleleng.

I Nengah Arta Dana sendiri memenangkan lomba itu setelah setahun mendalami dunia fotografi. Dia memilih tema mengarak ogoh-ogoh karena waktunya menyetorkan naskah sangat singkat. Kebetulan ada acara hari Tilem Kasanga, Buda Kliwon Matal, Rabu (6/3) hari Pangrupukan disertai ada acara mengarak ogoh-ogoh, momen itu diabadikan. “Di samping itu mengarak ogoh-ogoh ada nilai seni, nilai budaya, dan tidak direkayasa,” jelasnya, Jumat (3/5).

Arta Dana mengaku ingin punya studio sendiri dan menjadi fotografer profesional. Ia terus memperdalam cara pengambilan gambar saat ada momen penting agar hasil gambarnya menarik perhatian dan bernilai seni. Ia mulai menggeluti fotografi, setelah kakaknya memperkenalkan kamera, setahun lalu. Selanjutnya diperdalam mengenali kamera, penggunaannya, dan teknik pengambilan gambar, terutama mengambil gambar menantang seperti mengarak bade, mengarak ogoh-ogoh, melasti, menarik jukung, dan sebagainya.

Kasek SMK PGRI Amlapura, I Ketut Sutarsa, mengatakan gelar juara kali ini yang ketigakalinya sejak tahun 2017. Tahun 2018 siswa SMK PGRI juga menang lomba foto tingkat nasional. “Tiap tahun kami memiliki siswa berbakat bidang fotografi,” katanya. Dikatakan, SMK PGRI memiliki program keahlian bidang multimedia. Selain mendalami fotografi, juga mendalami cara membuat video. “Kami bertekad agar tiap tahun ada siswa berbakat di bidang itu,” harapnya. *k16

Komentar