nusabali

Candi Bentar Pura Kepuh Tertimpa Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-candi-bentar-pura-kepuh-tertimpa-pohon-tumbang

Pohon bunut berdiameter 35 cm, panjang 25 meter, tumbang menimpa candi bentar dan panyengker Pura Kepuh di Banjar Butus, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Minggu (28/4) pagi.

AMLAPURA, NusaBali

Akibatnya salah satu candi bentar punggel (patah) dan panyengker rusak. Musibah ini telah dilaporkan ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem oleh pangempon pura, I Ketut Ngurah Subrata.

Mendapat laporan bencana, Kepala Pelaksana BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa memerintahkan anggotanya turun ke lokasi. Petugas membawa tiga chainsaw untuk memotong batang pohon bunut, selanjutnya disingkirkan dari lokasi kejadian. Padahal cuaca terang, tidak ada hujan dan tidak ada hembusan angin kencang. Hadir di lokasi saat melakukan penanganan Kelian Banjar Adat Butus yang juga Kelian Pangempon Pura Kepuh, I Gede Paing Wirata bersama pangempon Pura Kepuh.

Batang pohon bunut yang roboh melintang di atas tembok panyengker Pura Kepuh. Selama penanganan pohon tumbang arus lalulintas terutama truk-truk angkutan material galian C di jalur Banjar Butus, Desa Bhuana Giri, menuju Amlapura tidak ada hambatan. Sebab batang pohon tidak sampai ke jalan raya. “Kami telah tangani pohon bunut yang roboh menimpa Pura Kepuh, terjadi kerusakan pada candi dan panyengker,” ungkap Ida Bagus Ketut Arimbawa. Kerugian diperkirakan mencapai sekitar Rp 50 juta. *k16

Komentar