nusabali

Sumerta Kelod Optimis Partisipasi Tinggi

  • www.nusabali.com-sumerta-kelod-optimis-partisipasi-tinggi

Mahasiswa Unwar Ikut Bantu Sosialisasi Pemilu

DENPASAR, NusaBali

Menjelang pelaksanaan Pemilu pada Rabu (17/4) mendatang, kesibukan di Kantor Pemerintah Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur makin meningkat. Bukan hanya perangkat desa, petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) saja, belasan mahasiswa Universitas Warmadewa Denpasar juga ikut mempersiapkan pesta demokrasi mendatang.

PPS pun diakui sudah tiga bulan terakhir bekerja keras dan lembur untuk persiapan ‘coblosan’ berjalan dengan baik. “Kami ingin pelaksanaan Pemilu mendatang disambut dengan gembira, dan diharapkan partisipasi tinggi dari warga yang sudah memiliki hak pilih,” kata Perbekel Desa Sumerta Kelod, I Gusti Ketut Anom Suardana, Jumat (12/4).

Suardana pun optimis partisipasi masyarakat akan tinggi karena sudah dilakukan sosialisasi intensif di wilayah yang menaungi 10 dusun tersebut. “Kami juga melakukan sosialisasi ke SMA/SMK dengan pelibatan dari mahasiswa Unwar,” kata Suardana.

Keterlibatan mahasiswa Unwar ini merupakan bagian dari ‘KKN Tematik’ yang diperuntukkan bagi mahasiswa Unwar “Kami membantu sosialisasi, administrasi,” kata Devi Artha, mahasiswi semester VI Fakultas Hukum Unwar ini.

Bersama 13 rekan mahasiswa Unwar lainnya, Devi diterjunkan mulai tanggal 1 hingga 30 April mendatang. “Nanti selesai pelaksanaan Pemilu akan dilanjutkan dengan program wawancara terkait kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu,” ujar mahasiswi asal Kepaon ini.

Sementara itu, Ketua PPS Desa Sumerta Kelod, I Gusti Putu Semaraputra, menyatakan optimisme Pemilu kali ini akan diikuti lebih banyak pemilih. Dari total 10.015 warga yang memiliki hak suara, disebutkan minimal bisa tercapai 70 persen yang menyebar di 39 TPS (tempat pemungutan suara). “Kalau Pilgub lalu, partisipasi sekitar 64 persen, maka kali ini bisa memenuhi target 70 persen,” tegas Semaraputra. *mao

Komentar