nusabali

Bupati Minta Dishub Mampu Urai Kemacetan Besakih

  • www.nusabali.com-bupati-minta-dishub-mampu-urai-kemacetan-besakih

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, berikan arahan kepada pegawai Dinas Perhubungan di halaman Kantor Dinas Perhubungan Karangasem, Jalan Sudirman Amlapura, Senin (1/4).

AMLAPURA, NusaBali

Dalam arahannya, Bupati meminta Dinas Perhubungan mampu mengurai kemacetan menuju Pura Besakih. Saat ada tamu VIP dan pejabat tinggi sembahyang ke Pura Besakih tidak sampai terhambat. Petugas Dinas Perhubungan dengan mengendarai sepeda motor diminta bergerak cepat agar tidak ada kendaraan pamedek parkir sembarangan.

Arahan untuk Dinas Perhubungan dihadiri Sekda I Gede Adnya Muliadi, Kadis Perhubungan Ida Bagus Putu Suastika, Kadis Pemadam Kebakaran I Nyoman Sutirtayasa, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat I Ketut Kanginan Subandi, Asisten III I Wayan Purna, dan Kabag Humas dan Protokol Edy Setiadi Dwijantoro. “Optimalkan 25 kantong parkir. Kami bersyukur ada warga Desa Besakih yang peduli menyediakan parkir pribadi,” tambahnya.

Sementara Kadis Perhubungan, Ida Bagus Putu Suastika, mengatakan, arahan Bupati Mas Sumatri sebagai motivasi untuk melanjutkan ngayah hingga Ida Bhatara masineb pada Sukra Pahing Ugu, Jumat (12/4) nanti. Ditegaskan, sejak puncak Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih pada Purnama Kadasa, Buda Wage Menail, Rabu (20/3), telah menempatkan 40 petugas dari Dinas Perhubungan, terbagai di tiga pos, dengan memberlakukan dua shift.

Shift pertama pukul 06.00 Wita hingga pukul 18.00 Wita dan shift II pukul 18.00 Wita hingga pukul 06.00 Wita. Setiap shift, menugaskan 15 petugas. “Kendaraan pamedek yang masuk di hari libur Sabtu dan Minggu rata-rata 6.000 kendaraan, tidak mampu ditampung di 25  kantong parkir,” jelas Ida Bagus Putu Suastika. Petugas selama ini tidak sempat istirahat karena padatnya arus lalulintas mengarahkan ke tempat parkir yang tersedia. “Ya, namanya juga ngayah, terpenting semua petugas dikaruniai keselamatan lahir dan bathin,” tambahnya. *k16

Komentar