nusabali

Revitalisasi Puri Seni Sasana Budaya, Disbud Buleleng Gelar Gebyar Budaya

  • www.nusabali.com-revitalisasi-puri-seni-sasana-budaya-disbud-buleleng-gelar-gebyar-budaya

Sejumlah kesenian akan menjadi agenda rutin dalam gebyar seni dan budaya Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng setiap minggunya.

SINGARAJA, NusaBali
Pementasan rutin pun disiapkan dan akan dimulai minggu ini yakni pada Jumat (18/1)sebagai salah satu upaya revitalisasi Puri Seni Sasana Budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Gede Komang ditemui Selasa (15/1) kemarin mengatakan, Gebyar Seni Budaya ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 11.00 Wita. Seluruh pementasan pun akan diisi oleh staf Dinas Kebudayaan sebagai motor dan pelopor pelestarian kebudayaan. “Ini untuk merevitalisasi Sasana Budaya. Pemerintah sudah buat panggung seni yang bagus, sekarang kita maksimalkan, kita hidupkan lagi sesuai fungsinya,” ujarnya.

Dalam pementasan pertama kali, staf Dinas Kebudayaan sudah mempersiapkan dan berlatih sejumlah keseian topeng dan barong ket. Selain untuk pementasan gebyar kesenian dan kebudayaan Puri Seni Sasana Budaya yang berlokasi di depan Catus Pata Buleleng, komplek kawasan Puri Buleleng, juga sudah difungsikan sehari-hari untuk latihan sejumlah macam kesenian.

Dengan adanya gebyar kesenian yang sudah diagendakan rutin, Gede Komang berharap hal ini dapat menambah point kunjungan wisata khususnya untuk city tour. Pertunjukan itu otomatis akan menambah daya tarik wisatawan untuk melakukan city tour. “Selama ini kalau city tour melihat museum Buleleng, Gedong Kirtya, eks pelabuhan, sekarang bisa menikmati pagelaran seni yang kami tampilkan,” katanya.

Pihaknya pun berteguh hati tetap akan melangsungkan pagelaran ada atau tidaknya penonton di depan panggung. Gebrakan ini diharapkan pejabat asal Tejakula ini, dapat membuat pariwisata di Buleleng lebih greget. Apalagi akses menuju Buleleng tahun ini sudah mulai dipermudah dengan pembangunan shortcut dan rencana bandara internasional. “Kami juga antisipasi pariwisata Buleleng kedepannya dengan kemudahan akses yang dibuka tahun ini,” ungkap Gede Komang.*k23

Komentar