nusabali

5 Pura Ini Bisa Jadi Rekomendasi untuk Rayakan Siwaratri

  • www.nusabali.com-5-pura-ini-bisa-jadi-rekomendasi-untuk-rayakan-siwaratri

Ada yang rutin adakan pertunjukan Calonarang tiap piodalan yang jatuh bertepatan dengan Hari Raya Siwaratri.

DENPASAR, NusaBali.com

Ada yang unik dalam perayaan Hari Raya Kuningan kali ini. Pasalnya, hari raya yang jatuh setiap 6 bulan sekali, tepatnya pada Saniscara Kliwon, Wuku Kuningan ini bertepatan dengan Hari Raya Siwaratri yang jatuh setahun sekali pada Purwaning Tilem Kapitu, dan keduanya memilih Sabtu (5/1) untuk diryakan bersama-sama.

Banyak yang mengatakan bahwa momen ini langka, siklus 46 tahun sekali. Maka, jangan sia-siakan malam perenungan dan peleburan dosa bagi umat Hindu ini dengan kegiatan yang kurang berfaedah. Berikut rekomendasi 5 pura yang cocok dijadikan alternatif merayakan Siwaratri.

1. Pura Besakih, Karangasem

Pura yang telah direkomendasikan sebagai Pusat Siwaratri Dunia sejak Agustus 2017 oleh PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia) Provinsi Bali, ini memang cocok dijadikan pilihan merayakan Siwaratri. Terdapat 1 pura utama yang dinamai Pura Penataran Agung Besakih dan 18 pura pendamping yang berada di sekeliling pura yang juga dijuluki Mother of Temple ini. Letak Pura Besakih yakni di Desa Besakih, Kesamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

2. Pura Lempuyang Luhur, Karangasem

Berjarak sekira radius 19 kilometer dari Pura Besakih, Pura Lempuyang Luhur juga bisa dijadikan alternatif untuk merayakan Siwaratri. Pura yang populer dengan sebutan ‘Gate of Heaven’ dengan candi bentar setinggi 4 meter yang menghadap langsung pada panorama Gunung Agung tersebut berlokasi di Desa Tista, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Untuk mencapai puncak, pengunjung harus menaiki 1.700 anak tangga.

3. Pura Penataran Dalem Ped, Klungkung

Terletak di Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, Pura Penataran Dalem Ped selalu jadi langganan para pemedek untuk makemid (begadang semalam suntuk) dalam ritual Hari Raya Siwaratri. Tidak hanya pemedek lokal, pemedek di seluruh Bali bahkan di luar Bali pun tangkil, tidak heran Pura Penataran Dalem Ped ditetapkan sebagai Pura Kahyangan Jagat dan objek wisata spiritual yang paling diminati di Bali.

4. Pura Agung Jagatnatha, Denpasar

Bagi warga Denpasar yang tidak ingin jauh-jauh merayakan Siwaratri, maka Pura Agung Jagatnatha yang berlokasi di Jl. Surapati, Dangin Puri, Denpasar, Bali, bisa jadi solusi. Pura yang menjadi pusat persembahyagan di kota Denpasar ini selalu dipadati pemedek segala usia saat hari-hari suci seperti, Purnama, Tilem, Saraswati, Galungan, Kuningan, hingga Siwaratri. Saat Siwaratri, renungan spiritual melalui Dharma Wacana dan pertunjukan kesenian Wayang Kulit juga bisa disaksikan di pura ini.

5. Pura Campuhan Windhu Segara, Denpasar

Salah satu pura yang tak kalah unik dan bisa jadi pilihan untuk merayakan Siwaratri yakni Pura Campuhan Windhu Segara, yang berlokasi di pinggir Pantai Padang Galak, Kesiman, Denpasar. Yang membuatnya unik, bahwa setiap Hari Raya Siwaratri yang jatuh tepat saat piodalan pura, maka akan diadakan pementasan Calonarang. Pura yang didirikan sejak 2005 ini juga cocok dijadikan tempat melukat/menyucikan diri.

Demikian 5 rekomendasi pura yang bisa dijadikan alternatif untuk merayakan Hari Raya Siwaratri. *ph

Komentar