nusabali

Buku Rusak, Dinas Perpustakaan Tidak Dapat Anggaran Pelestarian

  • www.nusabali.com-buku-rusak-dinas-perpustakaan-tidak-dapat-anggaran-pelestarian

Sejak berubah status dari kantor menjadi dinas, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispersip) Kabupaten Tabanan belum pernah mendapatkan anggaran pelestarian.

TABANAN, NusaBali

Karenanya, sejumlah buku rusak terbengkalai begitu saja karena minim dana. Padahal buku rusak akibat sering dipijam masih bisa diperbaiki.

Kasi Pelestarian Dispersip Tabanan I Gusti Agung Supatali Negara didampingi Kasi Pelayanan Perpustakaan I Gusti Seriati, mengatakan  anggaran pelestarian tidak didapatkan sejak dua tahun lalu bersamaan dengan berubahnya status kantor menjadi dinas. Padahal sudah sering diusulkan setiap tahun ke pemerintah daerah. “Belum pernah kami dapatkan anggaran pelestarian,” ungkapnya, Rabu (2/1).

Akibatnya, sejumlah buku rusak bekas dipinjam terbengkalai tidak bisa diperbaiki karena minim anggaran. Terpaksa buku tersebut diikat dengan tali, disimpan di bawah meja. Padahal ada beberapa buku yang rusaknya sedikit, jika ada anggaran masih bisa diperbaiki. “Kalau ada anggaran bisa membeli lem, kuas, dan lainnya untuk memperbaiki buku rusak sehingga bisa dipakai,” tegas Negara.

Diterangkan usulan anggaran untuk dana pelestarian tersebut sekitar Rp 30 juta. Tetapi belum pernah terealisasi. Diperkirakan selain tidak ada anggaran, karena tidak menjadi prioritas. “Kemungkinan dianggap tidak penting, sehingga belum terelisasi, mudah-mudahan penerus saya nanti bisa mendapatkan,” tambah Negara, pejabat yang akan memasuki pensiun pada April 2019 mendatang.

Sementara kabar baik didapat Dinas Perpustakan Tabanan. Karena mendapatkan bantuan DAK sebesar Rp 400 juta pada 2019. Dana tersebut digunakan untuk penambahan unit laptop sebagai pelayanan online, serta menambah 5.000 judul buku.

“Ini kabar yang baik bagi kami, karena setelah sekian tahun baru pertama kali dapat DAK untuk penambahan koleksi buku,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah I Wayan Kotio. Saat ini Dinas Perpustakaan Tabanan baru mempunyai koleksi buku 27.000. *de

Komentar