nusabali

Bupati Suwirta Luncurkan Paket City Tour

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-luncurkan-paket-city-tour

Pemkab Klungkung terus berbenah dan memperbaiki pelbagai sarana penunjang program ini.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta akhirnya melaunching atau meluncurkan paket city tour (wista kota) pada sebuah warung makan di Jalan Rama, Kelurahan Semarapura Kangin, Kecamatan Klungkung, Jumat (29/4) siang. Dalam kesempatan itu, Bupati mengandeng jajaran Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan anggota Asosiasi Travel Agent (Asita), sekitar 50 orang. 

Bupati dan pera pelaku wisata ini berdiskusi untuk bersama-sama memajukan wisata di bumi serombotan. Bupati Suwirta mengakui program ini masih memiliki berbagai kendala. “Kita harus berani memulai, nanti kekurangan itu akan kita benahi sambil jalan,” ujar Bupati Suwirta di hadapan Asita dan HPI. 

Namun, kata dia, dalam waktu dekat program city tour akan dilakukan masa uji coba. Sehingga para pelaku pariwisata ataupun wisatawan, dapat memberikan masukan atau saran untuk membangun pariwisata itu sendiri. Dalam paket city tour, wisatawan akan turun di sub Terminal Semarapura, kemudian berjalan menuju Monumen Puputan Klungkung, yang memiliki nilai historis perjuangan warga Klungkung melawan para penjajah. Kini monumen ini dilengkapi air mancur menari. Selanjutkan wisatwan menuju ke Puri Agung Klungkung, sebab keberadaan Klungkung tidak bisa lepas dari puri. 

Bupati yang sempat tinggal di puri selama lima tahun ini, berangan-angan untuk menghidupkan aktivitas di puri, antara lain menenun tradisional, ada aktivitas belajar menari dan sebagainya.

Lanjut perjalanan ke Balai Budaya, Kerta Gosa, kemudian city tour dilanjutkan ke Pasar Seni Semarapura dan kembali lagi ke sub terminal dari sisi selatan dan menuju Desa Wisata Kamasan. Pemkab juga bakal memasang pendingin ruangan (AC) pada beberapa ruangan yang hawanya cukup panas, sehingga wisatawan yang datang bisa nyaman. “Jangan sampai begitu wisatawan datang ujuk-ujuk keluar karena kepanasan,” ucapnya.

Suwirta menambahkan, pihaknya meningkatakan layanan objek setelah beberapa kali menggelar kunjungan kerja ke luar daerah, salah satunya ke Semarang. Sejatinya potensi objek wisata di Klungkung tidaknya kalah, bahkan banyak potensi dan keindahan alam yang mempesona. “Dalam city tour ini kami tidak akan hanya mengandalkan keindahan alam saja, namun akan menyatukan dengan seni budaya,” ujar Bupati asal Ceningan, Nusa Penida ini. Pihaknya juga akan berdiskusi dengan para pengusaha dan UMKM untuk memaksimalkan program City Tour ini.

Ketua Asita Bali Putu Ardana mengakui, Klungkung memiliki banyak objek wisata yang sangat potensial dan digemari wisatawan. Sebelum ada program city tour, anggotanya sudah pernah mengajak wisatawan untuk mengunjungi Desa Kamasan. “Desa wisata Kamasan jangan kalah dengan desa wisata lain di Bali,’’ ujarnya.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali Sang Putu Subaya salut dengan keberanian dan optimisme Bupati Suwirta dalam memulai program  city tour. Namun dirinya mengingatkan agar Pemkab Klungkung terus berbenah dan memperbaiki pelbagai sarana penunjang program ini.

Launching City Tour diisi dengan kunjungan ke objek wisata Tukad Unda, lanjut ke pameran kuliner, Monumen Puputan, Puri Agung Klungkung, Museum Semarajaya dan Kertagosa. Sejumlah undangan juga mengunakan 3 dokar dari Tukad Unda menuju Kota Semarapura. 7 w

Komentar