nusabali

Ujicoba UNBK SMA, Puluhan Komputer Rusak

  • www.nusabali.com-ujicoba-unbk-sma-puluhan-komputer-rusak

Puluhan komputer rusak saat ujicoba UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMA di SMAN 1 dan SMAN 2 Amlapura, Karangasem, Rabu (19/12).

AMLAPURA, NusaBali
Kerusakan terjadi pada komputer cadangan sehingga ujicoba UNBK tidak terganggu. Hanya saja peserta ujicoba UNBK kepanasan karena AC mati. Ujicoba dilakukan di 9 SMA negeri dan 10 SMA swasta.

Kasek SMAN 1 Amlapura, Wayan Sugiana, mengatakan ada 104 komputer untuk sebanyak 303 siswa kelas XII. Hanya saja sebanyak 25 unit komputer mengalami kerusakan. AC di ruangan komputer juga mati. “Makanya kami belum berani menerima permintaan SMKN Amlapura yang berniat melaksanakan UNBK di SMAN 1 Amlapura. Banyak komputer rusak, tidak etis meminjamkan komputer rusak,” jelas Kasek Wayan Sugiana. Menurutnya, kerusakan computer akibat jarang dipakai.

Sementara Kasek SMAN 2 Amlapura, I Nengah Miyasa, mengatakan dari 108 komputer dipajang di tiga ruangan, 5 komputer yang rusak. “Ujicoba untuk 310 siswa masih bisa jalan karena yang rusak komputer cadangan,” kata Kasek I Nengah Miyasa. Diperkirakan kerusakan komputer tersebut hanya bagian program sehingga perlu diinstall. “Usai ujicoba, kami perbaiki 5 komputer yang rusak,” tegas Nengah Miyasa.

Berbeda dengan di SMA PGRI Amlapura, menurut Kasek I Ketut Jelantik, sebanyak 146 siswa yang mengikuti ujicoba tidak ada kendala komputer. Begitu juga di SMAN Kubu. Kasek SMAN Kubu, I Ketut Suba, mengatakan ujicoba UNBK yang diikuti 191 siswa tanpa kendala. Sekolah didukung komputer baru. *k16

Komentar