nusabali

Sarat Drama Tak Berimbang

  • www.nusabali.com-sarat-drama-tak-berimbang

Sabtu malam waktu setempat atau Minggu (9/12) dinihari WITA, Kota Barcelona memanas karena adanya Derby Catalunya jilid pertama di La Liga.

Derby Catalunya Espanyol vs Barcelona

BARCELONA, NusaBali
Ya, tuan rumah Espanyol menjamu Barcelona, di RCDE Stadium.   Menilik rekor pada derby itu, Barca memang sangat dominan atas rival sekotanya, Espanyol.  Namun derby tetap saja mempertontonkan aksi-aksi dramatik yang menarik, seperti musim lalu di Copa del Rey.  Espanyol sebagai tuan rumah mendapat keuntungan dukungan ribuan suporter.

Namun sejarah menunjukkan, jarang sekali Espanyol mendominasi Barca dalam laga derby. Jurang pemisah antarklub itu begitu besar dan boleh dibilang Espanyol adalah tetangga yang tak dianggap The Catalan.

Dari total 48 kali berduel di La Liga, Espanyol menang empat kali, kalah 31 kali, dan imbang 13 kali. Kemenangan terakhir Espanyol atas Barca di La Liga pada 13 Januari 2007, dengan skor 3-1. Jika ditotal dengan Copa del Rey, Barca punya 40 kemenangan dan lima kali kalah dari 60 pertemuan

Musim lalu Espanyol berhasil mencuri satu kemenangan dari empat duel di seluruh kompetisi dengan Barca. Yakni skor 1-0 di leg pertama perempatfinal Copa del Rey. Sisanya Barca menang dua kali termasuk menyingkirkan Espanyol di leg kedua dan imbang sekali.

Hasil imbang 1-1 diraih Espanyol di laga tandang La Liga. Bisa jadi nanti Espanyol menyimpan potensi merepotkan Barca yang performanya masih labil.  Kini Espanyol di posisi ketujuh klasemen dengan 21 poin, "cuma" selisih tujuh angka dengan Barca di puncak.

Penyerang Espanyol Borja Iglesias tetap jadi andalan Espanyol untuk mengejutkan Barca yang lini pertahanannya masih kurang bagus musim ini, dengan kemasukan 19 gol dari 14 laga.  

Meski main di kandang sendiri, Espanyol tetap butuh keajaiban untuk menghentikan Barcelona. Walau kehilangan pemain-pemain seperti Luis Suarez, Arthur, Sergi Roberto maupun Rafinha yang cedera, Barcelona tetap kuat. Terlebih lagi, Lionel Messi sedang panas-panasnya. Satu nama itu saja cukup untuk membuat Espanyol merasa was-was. *

Komentar