nusabali

BPBD Akan Gelar Simulasi Tsunami

  • www.nusabali.com-bpbd-akan-gelar-simulasi-tsunami

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan dalam waktu dekat akan menggelar simulasi tsunami di Pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan.

TABANAN, NusaBali
Meskipun belum pernah terjadi bencana tersebut, simulasi dilakukan guna melatih kesiapsiagaan masyarakat khususnya di daerah pesisir maupun petugas terkait.

Untuk memberikan gambaran tentang rencana penyelenggaraan uji lapang rencana kontijensi (Renkon) tsunami serta sebagai pedoman dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan uji lapang renkon tsunami di Kabupaten Tabanan, BPBD Kabupaten Tabanan melakukan kegiatan penyusunan dan finalisasi rencana informasi lapangan (RIL), Senin (3/12), di ruang rapat Dinas Tenaga Kerja Tabanan.

Kepala BPBD Tabanan I Gusti Ngurah Sucita menjelaskan kegiatan ini untuk mempersiapkan pelaksanaan uji lapangan rencana kontijensi ancaman tsunami Kabupaten Tabanan tahun 2018. Uji lapang di daerah merupakan salah satu metode latihan oleh seluruh unsur pelaku sesuai bidang tugasnya. “Tujuannya meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan. Di samping juga metode untuk menguji kemampuan instansi yang dilaksanakan di daerah bencana yang mendekati situasi dan kondisi sebenarnya,” ujar Sucita.

Dari data BPBD Tabanan, setidaknya ada 12 desa pesisir di enam kecamatan, masuk zona rawan potensi tsunami. Salah satunya Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, dan Desa Soka, Kecamatan Selemadeg. Dan semestinya simulasi tsunami dilaksanakan setahun sekali untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat pesisir setempat. Namun karena terbentur anggaran dari pusat, simulasi baru bisa dilakukan di dua desa pesisir yakni Beraban dan Sudimara.

Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa yang hadir di kegiatan itu mengatakan, semua tentu berharap bencana tsunami tidak akan terjadi. Namun jika sampai terjadi, risiko yang ada bisa diminimalisasi, dan korban jiwa juga bisa diminimalisir. *de

Komentar