nusabali

Desa-desa di Buleleng akan Miliki Website Sendiri

  • www.nusabali.com-desa-desa-di-buleleng-akan-miliki-website-sendiri

Pemkab Buleleng melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), programkan seluruh desa memiliki website. 

Pertama Di-launching Website Desa Galungan

SINGARAJA, NusaBali
Pemkab Buleleng melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), programkan seluruh desa memiliki website. Sehingga seluruh potensi desa bisa dengan mudah diperkenalkan pada masyarakat luas. Salah satu desa yang sudah bisa diakses melalui dunia maya adalah Desa Galungan, Kecamatan Sawan. 

Desa yang terletak di bawah bukit Galungan ini, kini telah punya website sendiri. Tinggal klik galungan-buleleng.desa.id, maka informasi seputar Desa Galungan pun tersaji. Launching website Desa Galungan, dilakukan oleh orang nomor satu di Buleleng, Putu Agus Suradnyana bersamaan dengan kegiatan Dharma Shanti serangkaian Hari Raya Nyepi, Saka 1938, Sabtu (23/4) pagi di Wantilan Desa Galungan.

Kegiatan itu dihadiri juga Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra, Anggota DPRD Buleleng dari Dapil Sawan, serta pimpinan SKPD terkait, dan Camat Sawan I Gusti Ngurah Suradnyana. 

“Website Desa Galungan merupakan website yang pertama saya launching, ke depan semua desa mesti memiliki website. Karena mau tidak mau, kita harus mengikuti perkembangan teknologi,” kata Bupati Putu Agus Suradnyana.

Kepala Dinas Kominfo Ketut Suweca mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan perangkatnya terutama tower reviter untuk memacarkan sinyal ke seluruh desa. Pemasangan tower reviter itu di lokasi yang lebih tinggi. “Sedang kita usahakan, rencananya setelah Desa Galungan, kita juga launching website desa yang ada di Kecamatan Busungbiu,” katanya.

Khusus untuk Website Desa Galungan, sinyalnya dicover dari tower internet yang ada di bukit Galungan. Dari tower tersebut, diharapkan dua kecamatan bisa terlayani yakni Kecamatan Sawan dan Kecamatan Kubutambahan. Sementara Perbekel Desa Galungan Gede Haryono mengatakan, pihaknya telah punya petugas khusus yang mengelola websitenya. Saat ini, baru bisa menampilkan potensi desa yang ada di Desa Galungan. Rencananya, dalam website nanti juga akan ditampilkan pengelolaan keuangan desa, sehingga transparan dan bisa diakses oleh masyarakat luas. 7 k19

Komentar