nusabali

Nyejer Tiga Hari, Pujawali di Pura Kahyangan Luhur Batu Panes

  • www.nusabali.com-nyejer-tiga-hari-pujawali-di-pura-kahyangan-luhur-batu-panes

Menjelang pujawali di Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes, Desa Pakraman Belulang, Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan yang akan berlangsung pada Buda Kliwon Gubreg, Rabu (21/11), berbagai persiapan telah dilakukan.

TABANAN, NusaBali
Krama sudah mulai memasang wastra dan menyiapkan sarana upakara.  Pura Kahyangan Luhur Batu Panes berstatus Pura Kahyangan Jagat. Dipercaya untuk memohon keselamatan jagat, memohon perlindungan, memohon kemakmuran dan keselamatan tanam tuwuh dari gangguan merana di sawah, tegalan.

Bahkan, di pura ini juga terdapat sumber mata air panas atau pura luhur beji yang difungsikan sebagai tempat pasraman/pesucian Ida Batara Luhur Batu Panes. Di samping debit airnya cukup besar juga difungsikan sebagai tempat melukat ataupun permandian, dan dipercaya mengobati beragam jenis penyakit kulit. Sehingga hampir tiap harinya, pemandian Yeh Panas Belulang ramai didatangi oleh masyarakat.

Bendesa Pekraman Belulang I Nengah Sudana didampingi Manggala Karya yang juga anggota DPRD Tabanan asal Penebel I Nyoman Arnawa, mengatakan Pura Luhur Batu Panes diempon oleh 250 kepala keluarga. Di antaranya krama Desa Pakraman Belulang, krama Desa Pakraman Wangaya Betan, serta penganceng dari Puri Kompyang Tabanan. Pujawali akan nyejer selama selama tiga hari dan mesineb pada Saniscara Pon Gumbreg, Sabtu (24/11). “Pujawali sama dengan pujawali sebelumnya, hanya menambah sarana Padudusan Alit saja,” imbuhnya. *de

Komentar