nusabali

Krama Duda Persiapkan Karya Mamungkah Nubung Daging

  • www.nusabali.com-krama-duda-persiapkan-karya-mamungkah-nubung-daging

Krama Desa Pakraman Duda, Kecamatan Selat, antusias ngayah persiapkan bahan dan sarana upacara jelang Karya Mamungkah lan Nubung Daging di Pura Puseh setempat, Minggu (11/11).

AMLAPURA, NusaBali
Krama dari 27 banjar adat diatur untuk menuntaskan bangunan untuk upacara dan perlengkapan lainnya. Kegiatan ngayah dikoordinasikan oleh Bendesa Pakraman Duda I Komang Sujana didampingi Pangrajeg Karya Ida Mangku Bagus Gede Suyasa.

Kegiatan ngayah kemarin dikerjakan oleh 440 krama dari lima banjar adat yakni Banjar Adat Abiancanang Kaja, Abiancanang Kelod, Janglap, Limo, dan Wates Tengah. Mereka menegrjakan suci, pewaregan, dan lainnya. Semua material yang dibutuhkan telah siap, pangayah tinggal mengerjakan saja. Jro Komang Sujana mengungkapkan, Karya Mamungkah lan Nubung Daging digelar setiap 10 tahun sekali. Puncaknya pada Buda Kliwon Matal, Rabu, 6 Maret 2019. Rangkaian upacara telah diawali dengan majaya-jaya panitia karya dan upacara matur piuning pada Soma Pon Ugu, Senin (10/9) dipuput Ida Pedanda Gede Putu Ngenjung dari Gria Keniten, Banjar/Desa Duda, Kecamatan Selat.

Ida Mangku Bagus Gede Suyasa menambahkan, memulai membangun untuk bangunan sor, suci, pewaregan, dan pelengkap lainnya untuk tempat pangayah istri menata jajan banten. Yajamana Karya yakni Ida Pedanda Gede Putu Ngenjung, Wiku Tapini Ida Pedanda Istri Ngurah  dari Gria Keniten, Banjar/Desa Duda, Ida Pedanda Istri Rai Taman  dari Gria Taman, Banjar Pegubugan, Desa Duda, dan Ida Pedanda Istri Rai Oka Keniten dari Gria Banjar Duda, Desa Duda, Kecamatan Selat. *k16

Komentar