nusabali

Kasrem 163/Wirasatya Tinjau Pra TMMD di Kerta

  • www.nusabali.com-kasrem-163wirasatya-tinjau-pra-tmmd-di-kerta

Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto S Capah S Sos yakin pembuatan jalan penghubung Banjar Penyabangan - Banjar Pilan, Desa Kerta, Payangan, Gianyar, selesai tepat waktu. 

GIANYAR, NusaBali
Keyakinan itu diungkapkan saat meninjau lokasi kegiatan pra TMMd ke-96 bersama Kasrem 163/Wirasatya,  Letkol Inf Yana Bachtiar, Senin (18/4).

Dandim Capah mengatakan, pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 akan diresmikan 3 Mei 2016 oleh Bupati Gianyar AA Gde Bharata. TMMD berlangsung sebulan diisi dengan pembuatan jalan tersebut, penyuluhan pertanian, penanaman pohon dan lainnya.

Untuk pembuatan jalan dan jembatan penghubung Banjar Penyabangan - Banjar Pilan, sudah dimulai sejak 14 Maret 2016. Karena pembuatan jalan ini memerlukan waktu paling lama. Karena itu disebut Pra TMMD. ‘’Kita membuat jalan baru dengan menggali bukit yang membutuhkan biaya besar. Tapi melalui TMMD, 70 persen biaya bisa dipangkas” jelas Letkol Capah.

Kata dia, prajurit TNI membuatkan akses jalan didukung pendanaan dari pemerintah, sehingga pemerintah bisa menghemat anggaran. “Kami bekerjasama dengan pemerintah daerah dan provinsi untuk mencari skala prioritas wilayah yang akan diadakan kegiatan TMMD setiap tahunnya” paparnya.

TMMD ke-96 ini, untuk penghubung dua banjar akan dibuatkan jembatan jenis box decker. Pengerukan bukit untuk membuat jalan lebar tujuh meter dengan panjang 1.800 meter. Prajurit TNI AD mengotong batu-batu besar sebagai pondasi jembatan. Dengan jalan baru ini, warga di Banjar Pilan tidak lagi memutar jauh untuk ke jalur utama. Jalan ini untuk meningkatkan perputaran ekonomi dan siswa bisa cepat sampai di sekolah. 7 cr62

Komentar