nusabali

5 Tips Sebelum Berkunjung ke UWRF 2018 yang Wajib Kamu Tahu

  • www.nusabali.com-5-tips-sebelum-berkunjung-ke-uwrf-2018-yang-wajib-kamu-tahu

Tips ini juga bisa kamu terapkan di event Ubud Writers and Readers Festival di tahun-tahun berikutnya.

DENPASAR, NusaBali
Ubud Writers and Readers Festival 2018 telah resmi dibuka pada Rabu (24/10), bertempat di Desa Visesa, Ubud. Perhelatan sastra terbesar di Asia Tenggara ini akan digelar selama lima hari, dari tanggal 24 hingga 28 Oktober. Tidak hanya sebagai ajang temu penulis dunia dan pembacanya, UWRF 2018 juga makin berwarna dengan berbagai acara lainnya, seperti; panel diskusi, pemutaran film, peluncuran buku, berbagai workshop penulisan, serta berbagai acara menarik lainnya. Nah, jika kamu berencana datang ke UWRF 2018, berikut adalah sedikit tips yang perlu kamu ketahui tentang UWRF versi NusaBali.

1.  Membeli Early Bird Ticket
Apa itu Early Bird Ticket? Istilah ini dimaksudkan sebagai ‘pembelian paling awal.’ Mengapa kamu harus membeli tiket UWRF jauh-jauh hari? Karena akan ada berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan, di antaranya, kamu bisa berhemat karena akan ada potongan harga untuk setiap pembelian tiket untuk pengunjung WNI (Warga Negara Indonesia). Informasi mengenai tiket bisa diakses di situs (www.ubudwritersfestival.com/buy/tickets/).

Keunggulan lainnya dari membeli Early Bird Ticket ini yaitu, kamu akan selalu mendapatkan update informasi seputar UWRF secara berkala melalui surel, jadi kamu akan tahu terlebih dulu siapa saja pembicara yang akan hadir. Kebanyakan pembicara/penulis yang dipublikasikan adalah mereka yang belum terlalu dikenal. Mengapa? Karena dipastikan ini akan menambah perbendaharaan penulis yang siapa tahu akan jadi idolamu selanjutnya.

2. Mengunduh Aplikasi Resmi UWRF18 
Nah, sebelum datang ke acara, kamu juga wajib mengunduh aplikasi resmi UWRF – yang kali ini bernama UWRF18 – di Google Play Store untuk pengguna Android dan Apple App Store bagi pengguna iOS.

Dalam aplikasi tersebut, terdapat beberapa fitur yang akan sangat membantu kamu dalam mengetahui detail berbagai program acara, daftar pembicara, pengaturan jadwal, denah lokasi acara, hingga informasi lainnya seputar UWRF 2018. Coba deh diunduh!

3. Catat dan Atur Jadwal
Langkah ini tidak kalah penting ketika hendak datang ke UWRF kapan pun itu. Mengingat acaranya yang begitu banyak dengan waktu yang kadang bertabrakan, tentu kamu tidak ingin kebingungan memilih dan berakhir dengan hati yang hampa karena tidak sesuai ekspektasi, bukan?

Maka dari itu, mencatat dan mengatur jadwal sangatlah penting demi menjadikan waktumu efektif dan efisien dalam mengikuti UWRF. Jadwal bisa kamu temukan di Program Book UWRF 2018, situs resmi UWRF 2018 di internet, atau di Aplikasi UWRF18 di ponsel. Jika langkah ini bisa kamu terapkan, yakin, kedatanganmu ke UWRF akan sangat bermanfaat.

4. Ketahui Lebih Awal 
Membekali diri dengan banyak pengetahuan tentang sosok pembicara yang hadir di UWRF 2018 sangatlah penting. Langkah ini akan menyelamatkanmu dari rasa bingung dan tersesat. Dengan mengetahui latar belakang acara dan pembicaranya, kamu jadi bisa lebih mengerti alur pembicaraan dari topik yang dibawakan. Ketika sesi diskusi pun, kamu sudah tahu harus membicarakan apa dan bertanya soal apa. Be a smart audience!

5.   Tas dan Botol Minum
Dalam rangka mengurangi sampah plastik yang saat ini sedang gencar disuarakan, maka saat berkunjung ke UWRF 2018, kamu sangat diwajibkan untuk membawa tumbler atau botol minum sendiri dan tote bag atau tas berbahan kanvas atau kain untuk meletakkan barang dan belanjaanmu. 

Intinya semaksimal mungkin minimalisir penggunaan plastik, deh. Ini juga sekaligus bentuk kampanye dari UWRF 2018 untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat. Yuk, jadi bagian dari hal positif itu! 
Nah, demikian lima tips yang bisa NusaBali bagikan untuk kalian yang akan berkunjung ke UWRF 2018. Have a good day and feel the excitement of UWRF 2018! *ph

Komentar