nusabali

Dimeriahkan Fragementari 200 Penari

  • www.nusabali.com-dimeriahkan-fragementari-200-penari

Porsenides Batuan Diramaikan Pasar Rakyat

GIANYAR, NusaBali
Pekan Olahraga dan Seni Desa (Persnides) Batuan,  Kecamatan Sukawati, Gianyar ke-17 tahun 2018, dibuka secara resmi Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, Jumat (19/10) sore di Lapangan Yudhistira, Desa Batuan. Porsenides bertema Seraya Kanti Nyujur Batuan Jagadhita ini berlangsung hingga 28 Oktober 2018.

Ada 9 cabang olahraga yang dipertandingkan dan 14 lomba seni. Olahraga di antaranya, futsal, voli, bulutangkis, tenis meja, lari, catur, tarik tambang, senam, dan jalan santai.

Untuk seni yakni lomba gebogan, penjor, jegeg bagus Batuan, melukis, karaoke pop Bali anak-anak, lomba tari margapati, cerdas cermat, dharmagita, kebersihan antar banjar, dan lomba lagu dan yel-yel anak desa, serta lomba membuat lawar tingkat STT.

Tidak saja perlombaan, selama Porsenides juga dibuka pasar rakyat dan arena bermain untuk anak-anak. Menariknya, para peserta pasar rakyat ini seluruhnya merupakan warga dari 17 banjar dinas se Desa Batuan. Dengan keterlibatan masyarakat setempat, diharapkan potensi-potensi olahraga, seni dan ekonomi kreatif  lokal bisa dikenal lebih luas.

Perbekel Desa Batuan I Nyoman Netra mengungkapkan Porsenides ini menelan anggaran sekitar Rp 450 juta. “Namun jika dilihat dari antusias dan partisipasi masyarakat, nilai tersebut masih tergolong kecil,” ujarnya. Untuk memeriahkan pembukaan Porsenides, seniman di Desa Batuan mempersembahkan garapan fragmentari berjudul Prabhu Amukti Kertaning Jagat yang melibatkan sekitar 200 penari. “Dalam Porsenides ini melibatkan seluruh komponen, mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa. Sebagai upaya pengembangan aktifitas olahraga dan seni di masyarakat. Juga sebagai perekat rasa persatuan dan kesatuan,” jelasnya didampingi ketua panitia, I Komang Susana.

Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra mengapresiasi Desa Batuan yang konsisten melaksanakan Porsenides. Dikatakan, beberapa desa di Kecamatan Sukawati memang selalu menjadi percontohan bagi desa-desa lain terkait keaktifan dalam kegiatan dan pemberdayaan masyarakat. Turut hadir saat pembukaan, anggota DPRD Provinsi Bali Nyoman Parta, anggota DPRD Kabupaten Gianyar dapil Sukawati dan pejabat terkait. *nvi

Komentar