nusabali

DTB Marakkan Acara Saraswati

  • www.nusabali.com-dtb-marakkan-acara-saraswati

Pemuda dan pemudi Hindu di Serang yang tergabung dalam Dharma Taruna Banten (DTB) mengisi acara hari raya Saraswati yang jatuh pada Sabtu (13/10) kemarin di Pura Eka Wira Anantha, Serang, Banten.

JAKARTA, NusaBali
Mereka tidak hanya sebagai pembawa acara dan mengisi hiburan saja, tetapi turut serta memberikan darma wacana kepada anak-anak pasraman. "Berdasarkan kalender Bali, Sabtu umanis kemarin, kami merayakan hari raya Saraswati yang jatuh pada saniscare umanis, wuku watugunung. Acara berlangsung mulai pukul 16.00 WIB di Pura. DTB turut meramaikan acara tersebut," ujar Wakil Ketua DTB Ketut Yasa Giriana atau biasa disapa Gading kepada NusaBali, Minggu (14/10).

Gading menjelaskan, rangkaian acara hari raya Saraswati dimulai dengan upanayana, pemasangan benang tridatu. Lanjut sembahyang Saraswati serta darma wacana oleh anggota DTB Ni Wayan Dilla Ernawati.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pentas seni hingga pukul 23.30 WIB. Pentas seni menampilkan beberapa tarian. Ada tari Puspanjali, tari Panyembrahma, tari Tenun dan tari Marga Pati yang dibawakan anak-anak pasraman. Tak ketinggalan WHDI juga turut meramaikan dengan tarian Renteng.

Ada pula kolaborasi tari topeng dan genjek. Sementara DTB membawakan tarian Sari. Plus DTB band tampil pula. Mereka membawakan lagu-lagu lawas seperti Andai Kau Datang Kembali milik Koes Plus dan lagu Ebiet G. Ade berjudul Ayah.

Menurut Gading, DTB sering tampil dalam berbagai acara. Selain hari raya Saraswati, mereka kerap manggung di acara Tahun Baru dan perpisahan pasraman. "Usai pentas seni, kami sembahyang dan doa bersama lagi pada pukul 24.00 WIB. Minggu pagi atau jam 05.30 WIB, kami melakukan banyu pinaruh," kata Ganding. *k22

Komentar