nusabali

Siswa Urunan Buat Banten Saraswati

  • www.nusabali.com-siswa-urunan-buat-banten-saraswati

Menjelang Hari Suci Saraswati, Saniscara Umanis Watugunung, Satu (13/10) ini, siswa di masing-masing sekolah di Klungkung, membuat banten gabogan, banten japitan, dan lainnya.

SEMARAPURA, NusaBali
Banten ini akan dihaturkan saat persembahyangan Saraswati.  Seperti halnya di SMAN 2 Semarapura, Jumat (12/10) pagi. Mereka nampak sibuk membuat banten japitan, ini sudah dilakukan rutin menjelang Saraswati. Menurut seorang siswa SMAN 2 Semarapura, Ni Luh Putu Clara Sabrina Putri, pembuatan upakara ini dilakukan secara urunan dan sukarela jati tidak ada unsur paksaan. “Kami urunan dan sukarela, usai dihaturkan saat persembahyangan Saraswati maka lungsuran itu kami bagi dengan teman-teman di kelas,” ujarnya didampingi teman-temannya.

Plt Kepala SMAN 2 Semarapura Wayan Siarsana mengatakan, kegiatan ini memang rutin dilalaksanan menjelang Saraswati. Selain membuat banten japitan, banten gebogan, para guru juga saat ini latihan persiapan untuk ngayah Tari Rejang. “Besok (Sabtu) kami akan sembahyang bersama di Padmasana sekolah,” ujarnya.

Sementatara itu, di SMPN 1 Semarapura, juga menggelar persiapan untuk Saraswati, dengan aneka perlombaan. Yakni lomba membuat gebogan dan banten pejati, pesertanya antar kelas. “Tujuan lomba ini untuk mengajegkan budaya Bali, serangkaian moment Hari Suci Saraswati,” ujar Kepala SMPN 1 Semarapura Nyoman Karyawan. *wan

Komentar