nusabali

Ngusaba Gumang, Warga Bugbug Karangsem Mudik Gratis

  • www.nusabali.com-ngusaba-gumang-warga-bugbug-karangsem-mudik-gratis

Tradisi pulang kampung bersama, dari warga perantauan asal Desa Bugbug, Karangsem yang tergabung dalam Ikatan Warga Bugbug (IWB), kembali dilakukan serangkaian pelaksanaan Karya Ngusaba Gumang, di Pura Bukit Gumang, Karangasem. Puncak karya jatuh pada Purnama Kapat, Soma Paing Klawu, Senin (24/9).

SINGARAJA, NusaBali
Pemberangkatan warga IWB ini sudah dilakukan sejak, Jumat (21/9) dengan belasan kendaraan umum, jenis Isuzu. Di Buleleng hasil pendataan panitia, jumlah IWB, 1.061jiwa, tersebar di Kelurahan Kampung Anyar, dan Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Buleleng.

Dalam pemberangkatan kemarin, tercatat sekitar 170 jiwa ikut naik angkutan umum. Rencananya pemberangkatan dilakukan hingga  Minggu (23/9) besok.  Pihak panitia juga menyediakan angkutan khusus untuk Babi sebagai persembahan  dalam karya Ngusaba Gumang tersebut. “Ini kegiatan rutin dua tahun sekali sejak tahun 2008 lalu, kami melihat kondisi ekonomi yang tidak merata, karena masih ada warga yang tidak mampu, akhirnya ada solusi untuk melakukan kegiatan seperti ini, kenapa tidak kita lakukan untuk sebuah kebersamaan” kata Ketua IWB Singaraja, Gede Wisnaya Wisna.

Ketua Panitia Program Transportasi Gratis IWB Singaraja, Wayan Widiada mengungkapkan jumlah warga Bugbug perantauan sebanyak 1.061 jiwa.  Untuk pemberangkatan, telah ditetapan titik kumpul yakni depan Kantor Lurah Kaliuntu dan di Jalan Merpati Singaraja, kemudian di Jalan Pattimura Singaraja. “Ada dua titik pemberangkatan, pertama di Kaliuntu dan Jalan Merpati, kemudian titik kedua ada di Jalan Patimura,” terangnya. *k19

Komentar