nusabali

Tembok Pasar Mentigi Dilukis Mural

  • www.nusabali.com-tembok-pasar-mentigi-dilukis-mural

Tembok di Pasar Mentigi, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, dihiasi dengan lukisan mural.

SEMARAPURA, NusaBali

Karya seni rupa ini digarap oleh perupa dari warga negara asing (WNA) maupun lokal, sejak beberapa hari lalu. Objek mural ini yakni kura-kura, sapi, dan lainnya.

Beberapa warga menilai mural tersebut menghadirkan  nuansa lebih estetis di Pasar Mentigi. Bahkan wisatawan asing dan warga lokal menjadikan mural tersebut untuk latar foto. Tak terkecuali, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. "Panjang tembok yang dilukis sekitar 30 meter. Pelukisnya orang asing dan warga lokal. Bahannya disediakan oleh pelukisnya sendiri," ujar Kepala UPT Pasar Klungkung Komang Widiasa Putra, Minggu (16/9).

Selain tembok di Pasar Mentigi, perupa tersebut juga melukis di tempat lain di Kecamatan Nusa Penida. Antara lain di lapangan tenis dan fasilitas umum lainnya. Hal ini juga berkat izin dari Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. “Ini ide dari Pak Bupati," ujarnya. Untuk di pasar, sejauh ini baru di Pasar Mentigi.

Kata dia, pembuatan mural ini untuk memperindah pasar. Menurutnya seni mural itu memang berhasil mempercantik Pasar Mentigi. Melihat keindahan yang ditimbulkan dari seni mural itu, pihaknya mengaku memberikan kesempatan bagi warga yang ingin menyalurkan hobi seni muralnya di tembok Pasar Galiran dan Pasar Semarapura.

Pihaknya hanya bisa menyediakan tempat saja. Untuk bahan-bahannya diserahkan kepada pihak yang ingin memanfaatkan tembok tersebut untuk lukis mural. *wan

Komentar