nusabali

Waspada Gelombang Tinggi hingga Tiga Hari ke Depan

  • www.nusabali.com-waspada-gelombang-tinggi-hingga-tiga-hari-ke-depan

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IIIV Denpasar mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi dalam beberapa hari ke depan.

MANGUPURA, NusaBali
Dari hasil analisa cuaca oleh BBMKG menunjukkan hingga 29 Agustus ini terjadi gelombang tinggi di perairan laut Bali. Data yang diperoleh dari bidang data dan informasi BBMKG Wilayah III, Minggu (26/8), gelombang tinggi terjadi akibat adanya peningkatan kecepatan angin. Kecepatan angin mencapai 45 kilometer per jam di laut Andaman dan Samudera Hindia Barat Australia. Sehingg mengakibatkan terjadi peningkatan tinggi gelombang di Utara Aceh, Barat Sumatera, Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III memperingatkan tinggi gelombang 1,0 – 3,0 meter. Perairan yang mengalami ketinggian gelombang pada kategori berbahaya adalah Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas bagian Selatan, perairan Selatan Sumbawa.

Pantai di Bali yang berpotensi terjadi tinggi gelombang di atas 2 meter adalah di Pantai Ungasan, Pecatu, Uluwatu, Nusa Dua, dan Nusa Penida. Peringatan dini tersebut berlaku selama 24 jam hingga pukul 08.00 Wita.

“Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di laut untuk memperhatikan informasi dari BMKG. Diimbau untuk mempertimbangkan kondisi tersebut sebelum melaut. Selalu memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG,” tutur Kepala Bidang Data dan Informasi BBMGK Wilayah III Denpasar Sujabar. *po

Komentar