nusabali

Tiga Hari Ke Depan Masih Berpotensi Turun Hujan

  • www.nusabali.com-tiga-hari-ke-depan-masih-berpotensi-turun-hujan

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memprakirakan dalam tiga hari ke depan sejumlah wilayah di Bali masih terjadi hujan.

MANGUPURA, NusaBali
Namun demikian hujan tak merata pada setiap wilayah. Prakirawan BBMKG Wilayah III, Kadek Setya Wati, Sabtu (18/8) mengungkapkan hujan yang terjadi beberapa hari terakhir terjadi karena adanya perubahan arah dan kecepatan angin. Kalau dilihat dari model prakiraan cuaca, pada lapisan permukaan tanah sampai dengan ketinggian 3.000 meter terjadi kelembaban.

Karena adanya perubahan arah dan kecepatan angin didukung oleh kelembaban memicu terbentuknya awan penghujan. Namun demikian hujan yang terjadi sifatnya lokal. Selain itu intensitas hujannya antara ringan hingga sedang.

Kondisi ini diprakirakan akan terjadi dalam tiga hari ke depan masih ada peluang terjadinya hujan. Tetapi hujannya tak terjadi secara merata. Peluang terjadinya hujan secara umum terjadi pada pagi dan siang hari. Dikatakan berdasarkan data yang ada, peluang hujan terjadi dominan di Bali barat, selatan, tengah, dan timur.

“Saat ini angin bertiup dari timur ke tenggara. Kecepatannya normal, yakni 8 – 36 km per jam. Sementara untuk gelombang di perairan utara Bali antara 0,25 – 1,25 meter. Sementara di perairan Selatan antara 0,75 – 3 meter. Kami mengimbau masyarakat yang beraktivitas di laut khusus di perairan Selatan untuk selalu waspada,” tuturnya. *po

Komentar