nusabali

KPAI Dorong Sekolah Darurat di Lombok

  • www.nusabali.com-kpai-dorong-sekolah-darurat-di-lombok

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong pemerintah untuk membuat sekolah darurat demi pemenuhan hak pendidikan anak yang terdampak gempa Lombok.

JAKARTA, NusaBali
Sampai saat ini tercatat sebanyak 468 bangunan sekolah rusak akibat gempa Lombok. "KPAI mendorong agar diselenggarakannya sekolah-sekolah darurat dengan menggunakan tenda-tenda darurat di halaman sekolah," ujar Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti, Minggu (12/8) seperti dilansir detik.

Meski bencana gempa sudah berlangsung 2 minggu ini, akan tetapi kegiatan belajar-mengajar tidak mungkin diliburkan terlalu lama. Untuk itu, dalam keadaan mendesak, sekolah darurat dari tenda sangat diperlukan. "Mengingat proses pembangunan sekolah membutuhkan waktu lama, maka penyelenggaraan sekolah darurat harus melibatkan banyak sektor termasuk partisipasi masyarakat," imbuhnya.

KPAI merekomendasikan kepada pemerintah untuk melakukan penilaian kelaikan bangunan sekolah. Kondisi bangunan sekolah yang rusak dikhawatirkan menimpa anak-anak. "Penilaian kelayakan bangunan sekolah sangat penting bagi penyelenggaraan pendidikan darurat bagi anak-anak korban gempa. Pemetaan dan Penilaian kelayakan bagunan juga nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan rehab-rekonstruksi pasca gempa," ujarnya.

KPAI juga mendorong Dinas Pendidikan mengerahkan tenaga pengajar hingga pegawai untuk meng-update kerusakan sekolah masing-masing. Dalam tahapan ini, diharapkan Dinas Sosial dan Dinas PPPA juga memberikan trauma healing kepada anak-anak.

"Dinas Pendidikan setempat dapat menggunakan data dan pemetaan dari para kepala sekolah untuk merencanakan sekolah darurat sesuai kebutuhan. Tentu saja berkoordinasi dengan Kemdikbud dan BNPB," lanjutnya.

Untuk itu, KPAI meminta agar BNPB menyediakan tenda yang selama ini untuk pengungsi dapat juga digunakan sebagai tenda kelas darurat. Jumlah tenda darurat tentu harus berdasarkan pemetaan.

"Jumlah tenda darurat satu sekolah yang rusak berat juga harus mempertimbangkan kebutuhan dan jumlah siswa, di samping itu Pemerintah tentunya harus memastikan sekolah darurat yang didirikan aman bagi anak," imbuhnya. Dinas Pendidikan juga diminta untuk mendistribusikan perlengkapan sekolah dan rekreasi, serta sarana dan prasarana belajar ke berbagai sekolah terdampak di semua jenjang pendidikan.

Sementara KPAI menerima laporan dari SGI (Serikat Guru Indonesia) Mataram yang merupakan anggota FSGI (Federasi Serikat Guru Indonesia) terkait kondisi beberapa sekolah di Mataram yang terdampak gempa, diantaranya SMPN 12 Mataram; SDN 1 Obel-obel kecamatan Sambelia, Lombok Timur; SMAN 1 Gunung Sari, Lombok Barat dan SMPN 20 Mataram.

Kondisi SMPN 12 Mataram sendiri terholong tidak aman. Ada 9 ruang kelas yang temboknya pecah dan bahkan sudah bergeser, 2 (dua) ruangan kelas yang plafonnya berpotensi jebol/runtuh. Kerusakan akibat gempa di SDN 1 Obel-obel kecamatan Sambelia, Lombok Timur, mencapai 80 persen. Kondisi tembok bangunan retak dan runtuh. *

Komentar