nusabali

Sepeda Hias Meriahkan HUT Kemerdekaan RI

  • www.nusabali.com-sepeda-hias-meriahkan-hut-kemerdekaan-ri

Serangkaian memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73, 17 Agustus 2018, sedikitnya 45 sepeda hias berlomba di Klungkung, Minggu (12/8) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali
Lomba dibuka Sekda Klungkung Gde Putu Winastra, didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Klungkung Dewa Gde Darmawan. Pantauan NusaBali, 45 peserta lomba itu masing-masing 15 sepeda dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Start di depan Puri Agung Klungkung - Monumen Puputan Klungkung, untuk beratraksi selama 5 - 15 menit.

Kepala Disdik Klungkung Dewa Gde Darmawan mengatakan, lomba sepeda hias ini selain dinilai hiasan sepeda masing-masing peserta, juga meliputi cara mereka bersepeda. Panitia juga memberikan kriteria agar peserta menggunakan konsep kearifan lokal, menggunakan barang bekas untuk hiasan, ataupun barang-barang yang dapat didaur ulang.

Lomba Sepeda Hias ini diisi tiga kali atraksi sepeda di sepanjang jalan dari depan pendopo Puri Agung Klungkung – sebelum Monumen Puputan Klungkung. Sedangkan di depan Monumen Puputan Klungkung setiap peserta menampilkan dua kali atarksi. “Ketiga atraksi dipentaskan selama 15 menit,” ujarnya.

Salah seorang koordinator dari Gugus 4 SD se-Kecamatan Banjarangkan I Dewa Ketut Dharma Yohandar, memiliih tema kepahlawanan sebagai tema sepeda hiasnya. Karena tema sebagai wujud menghargai perjuangan para pahlawan bangsa untuk merebut kemerdekaan RI. Kata dia, Gugus 4 SD Sekecamatan Banjarangkan membutuhkan waktu delapan hari untuk menyiapkan mulai dari pemilihan bahan hiasan, penggarapan, hingga penggarapan model atraksi lomba.

Sekda Klungkung Gde Putu Winastra mengatakan lomba ini untuk membangun pendidikan karakter bidang  kedisiplinan siswa. Dengan lomba ini pula, peserta memiliki inovasi dalam mengolah barang bekas agar bermanfaat. Lomba juga disaksikan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta.

Semenyara itu, hujan tak menyurutkan semangat masyarakat Banjar Bajing, Desa Tegak, Kecamatan Klungkung dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73. Masyarakat mulai anak-anak, remaja, dan orang tua bersemangat mengikuti kegiatan jalan santai yang digelar Sekaa Teruna (ST) Bhuana Harum, Banjar Bajing, Minggu (12/8). Ketua ST Bhuana Harum I Wayan Arta Dipta mengatakan, jalan santai ini juga dirangkaikan dengan peringatan HUT sekaa terunanya ke-18. “Puncak peringatan HUT ST, kami gelar 18 Agustus,” ujarnya.*wan

Komentar