nusabali

Kerajinan Salang Makin Diminati

  • www.nusabali.com-kerajinan-salang-makin-diminati

Para perajin Gianyar tergolong perajin yang aktif berinovasi hingga melahirkan karya-karya unik. 

GIANYAR, NusaBali
Di antaranya, perajin salang berbahan uang dengan memanfaatkan limbah kayu di Banjar/Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang. 

Salah seorang perajin setempat, I Made Piter Oka Yasa,32, berhasil membuat aneka jenis kerajinan tangan dengan memanfaatkan limbah kayu dan rangkain uang kepeng berbentuk salang. 

Salang, sarana upacara yang kini banyak digunakan umat Hindu di Bali dan luar Bali. Kata Piter, ide merangkai dan mengkreasikan uang kepeng dengan limbah kayu ini didapatkan  ketika melihat kebanyakan warga di Desa Sebatu menjadi sentra kerajinan kayu. Limbah kayu pun makin banyak hingga ia mencoba memanfaatkannya dan memadukan dengan kerajinan salang. "Kerajinan salang ini bisnis yang saya teruskan dari ayah saya,” tuturnya.

Piter menjelaskan, awal mula industri ini bukanlah bisnis semata. Tapi, nilai-nilai mayadnya yang artinya karya suci yang dilaksanakan dengan ikhlas. Di dalamnya ada panggilan kehidupan yang didasarkan dharma, sesuai dengan ajaran Hindu. Ia juga yakin hampir semua upacara yang berkaitan dengan umat Hindu di Bali menggunakan salang dan uang kepeng. Oleh karena itu, peluang sangat terbuka untuk mengkreasikan uang kepeng dengan limbah kayu. Bentuk-bentuk karya seni itu selain salang, juga lamak, rambut sedana, dan tempat pejati.

Harga yang ditawarkan bervariasi mulai Rp150.000 - Rp 2 juta per buah. Harga tergantung tingkat kerumitan dan jumlah uang kepeng yang digunakan. Dalam setiap pembelian produksinya, Piter memberikan garansi produk hingga dua tahun. Jaminan ini untuk menjaga kepercayaan pasar.

Kata dia, kendala yang dihadapi selama ini yaitu pemasaran dan izin untuk mengembangkan usaha ini. Meski begitu Piter tak menyerah atas tantangan tersebut. Dia pun berharap pemerintah dapat membantu melestarikan karya unik ini di masa depan. Karena suatu produk bila pemerintah daerahnya membantu mempromosikan dan melestarikannya, akan dikenal masyarakat luas. 7cr62

Komentar