nusabali

Pegolf Bali Pimpin Pro Am

  • www.nusabali.com-pegolf-bali-pimpin-pro-am

Tak selalu pemain cadangan bermain jelek. Mereka bisa saja bermain lebih baik dari pemain inti. Sebab mereka mendapatkan hak dan treatment yang sama.

JAKARTA, NusaBali
Dua pegolf putri di pelatnas Asian Games 2018 asal Bali Ida Ayu Indira Melati Putri (Mela) dan Marcella Pranovia menempati posisi teratas pada kejuaraan Pro Am Indonesia Golf Tour di Damai Indah Golf, Jakarta, 25-27 Juni.  Kejutan dilakukan atlet cadangan Marcella yang menempati peringkat pertama dan Mela sebagai pemain inti di posisi kedua.

Menurut pelatih pelatnas golf Asian Games M. Alga Topan, keberhasilan pemain cadangan di kejuaraan tersebut tidak terlepas dari atlet bersangkutan sendiri. Sebab pemain cadangan maupun inti mendapat hak dan treatment yang sama sehingga punya kemampuan sama pula.

"Tak selalu pemain cadangan bermain jelek. Mereka bisa saja bermain lebih baik dari pemain inti. Sebab mereka mendapatkan hak dan treatment yang sama. Untuk itu, pemain cadangan memiliki kans turun dalam pertandingan Asian Games nanti. Penentuan siapa yang turun ada di tangan pelatih," ujar Alga, Jumat (29/6).

Selain Mela, pegolf putri yang masuk tim inti adalah Ribka Vania dan Rivani Adelia Sihotang. Ribka peringkat ketiga, sedangkan Rivani peringkat empat. Usai kejuaraan Pro Am, keempat pegolf itu akan try out ke Singapura pada 2-6 Juli. Alga mengatakan, tidak ada persiapan khusus untuk kejuaraan tersebut.

Menurut Alga Topa, tidak memasang target tinggi di Singapura, tapi tetap  bertandingan maksimal. Sebab turnamen itu ajang ujicoba meningkatkan kemampuan pegolf. Target tim golf puncaknya di Asian Games. Di Singapura, pegolf pelatnas bersaing dengan sejumlah negara di Asia.

Dari Asia Tenggara, antara lain Malaysia dan Thailand. Jika di tingkat Asia Tenggara, lanjut Alga, pegolf Indonesia berada di tiga besar. Sementara di tingkat Asia, hasil terakhir menunjukkan pegolf Merah Putih berkisar di 5 sampai 10 besar.  "Oleh karena itu, kami tidak ingin bicara lebih. Melainkan sesuai dengan data yang ada," papar Alga.

Setelah dari Singapura, pegolf direncanakan mengikuti pertandingan di Malaysia pada akhir Juli. Namun masih melihat kondisi para atlet pelatnas agar mereka tidak kelelahan ketika pertandingan Asian Games berlangsung. "Jadi ke Malaysia masih tentatif," ucap Alga.  k22

Komentar