nusabali

Dukung Karya di Pura Dalem Srijati Sibanggede, Wabup Suiasa Serahkan BKK Rp 2 Miliar

  • www.nusabali.com-dukung-karya-di-pura-dalem-srijati-sibanggede-wabup-suiasa-serahkan-bkk-rp-2-miliar

Pangempon Pura Dalem Srijati, Desa Sibanggede, Kecamatan Abiansemal, menggelar Karya Melaspas, Mendem Pedagingan, Rsi Gana, Piodalan Pedudusan Agung, Menawa Ratna, Medasar Caru Tabuh Gentuh di Pura Dalem Srijati, yang puncaknya pada Buda Kliwon Pahang, Rabu (4/7).

MANGUPURA, NusaBali
Pada Buda Umanis Medangsia, Rabu (20/6), dilaksanakan upacara melaspas pretima dan makta bagia. Upacara ini dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Wiradana. Pada kesempatan itu Wabup Suiasa menyerahkan bantuan keuangan khusus (BKK) secara simbolis sebesar Rp 2 miliar.

Wabup Suiasa berharap pelaksanaan yadnya ini harus didasari oleh pikiran, perkataan maupun perbuatan yang baik. Dengan dasar ini sudah tentu akan tercipta rasa sagilik, saguluk, salunglung sabayantaka serta rasa kebersamaan dan menyama braya.

Prawartaka Karya Putu Suartika menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wabup Suiasa. Ini membuktikan pemerintah memberikan perhatian kepada krama Desa Adat Sibanggede. Karya ini bertujuan untuk meningkatkan rasa sradha bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sekaligus melaksanaan konsep ajaran agama Hindu yakni Tri Hita Karana serta melestarikan seni, adat, dan budaya sebagai warisan leluhur.

Menurutnya, karya ini dimulai 31 Maret 2018 dengan upacara Matur Piuning. Sementara kemarin dilaksanakan Upacara Melaspas Pretima dan Makta Bagia, dilanjutkan Melaspas lan Mendem Pedagingan Rsi Gana pada 24 Juni 2018. Tawur Tabuh Gentuh lan Pedanan pada 30 Juni 2018. Sedangkan puncak karya pada 4 Juli 2018 mendatang dengan rangkaian upacara piodalan di Pura Prajapati, piodalan di Taman Magendra, piodalan di Pura Pempatan, dan Piodalan Pedudusan Agung di Pura Dalem Srijati serta upacara mepasaran dan peselang.

Pura Dalem Srijati merupakan salah satu Pura Kahyangan Tiga yang diempon 543 KK atau 1000 jiwa menyebar di 6 (enam) banjar yaitu, Banjar Srijati, Tagtag, Senggu, Pekandelan, Pane, Badung, dan peletan dari Banjar Cabe, Darmasaba. Pembangunan pura ini dibiayai dari APBDes Sibanggede sebesar Rp 4 miliar lebih dan pembangunan wantilan dari dana hibah Pemkab Badung sebesar Rp 2 miliar. Sedangkan karya diperkirakan menghabiskan biaya Rp 2,7 miliar. *asa

Komentar