nusabali

Disbud Badung Boyong 4.650 Seniman, Tampilkan Siat Geni saat Parade

  • www.nusabali.com-disbud-badung-boyong-4650-seniman-tampilkan-siat-geni-saat-parade

Menyambut Pesta Kesenian Bali (PKB) XL yang bakal dilaksanakan mulai 23 Juni 2018 mendatang, Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Badung mulai mempersiapkan para seniman yang nanti bakal diboyong.

Pesta Kesenian Bali XL  

MANGUPURA, NusaBali
Rencananya pada pesta pembukaan, Disbud Badung akan menampilkan ritual perang api atau yang dikenal dengan Siat Geni dari Desa Adat Tuban, Kecamatan Kuta. Ritual Siat Geni dinilai sangat sesuai dengan tema PKB XL yakni ‘Teja Dharmaning Kauripan’ yang diartikan api spirit penciptaan.

Kepala Disbud Badung Ida Bagus Anom Bhasma, mengatakan Siat Geni merupakan tradisi unik yang masih dilestarikan oleh krama Desa Adat Tuban. “Ini (Siat Geni) merupakan tradisi unik dan sesuai dengan tema PKB, yakni api spirit penciptaan. Makanya Siat Geni akan kami tampilkan saat pawai pembukaan nanti,” katanya, Selasa (5/6) kemarin.

Selain itu, pihaknya juga akan memboyong ribuan seniman di Badung untuk mengikuti setiap rangkaian perhelatan seni dan budaya tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Bali di Taman Budaya Denpasar. “Total ada 4.650 seniman yang dilibatkan yang terdiri dari 27 sekaa atau kelompok seni. Saat pawai pembukaan saja akan ada 500 seniman yang dilibatkan,” ungkap Anom Bhasma.

Untuk mempersiapkan hajatan tahunan ini, birokrat asal Desa Taman, Kecamatan Abiansemal, itu menyebutkan Pemkab Badung telah menggelontorkan anggaran Rp 8 miliar lebih. “Untuk mendukung PKB 2018 ini anggaran yang disiapkan mencapai Rp 8.178.655.900. Angka ini mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 3.515.416,00,” tuturnya.

Pihaknya berharap, seluruh seniman yang terlibat mendapatkan hasil yang baik dengan memberikan penampilan yang maksimal. “Semoga para seniman memberikan yang maksimal,” harapnya.* asa

Komentar